Jelang Gerhana Bulan Total, Petugas Gabungan Siaga di Jakarta Utara

Selasa, 08 November 2022 - 15:23 WIB
loading...
Jelang Gerhana Bulan Total, Petugas Gabungan Siaga di Jakarta Utara
Gerhana Bulan Total diprediksi terjadi pada Selasa (8/11/2022) malam. Tim Kesiapsiagaan sudah bersiaga di Jakarta Utara guna mewaspadai banjir rob. Foto/Timesnownews
A A A
JAKARTA - Gerhana Bulan Total diprediksi terjadi pada Selasa (8/11/2022) malam. Pasukan gabungan sudah bersiaga di Jakarta Utara guna mewaspadai kenaikan muka air laut atau banjir rob.



Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, petugas gabungan Tiga Pilar (Pemerintah, TNI, dan Polri) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI telah disiagakan di sejumlah titik genangan di pesisir Jakarta Utara.

"Pengurus RT/RW dan stakeholder juga kami kerahkan untuk bersinergi, bersiapsiaga terjadinya rob pada Gerhana Bulan Total ini," ungkapnya.



Menurut Ali Maulana, daerahnya memang punya spesifik wilayah karena berada di di pesisir. Banjir rob kemungkinan terjadi saat fenomena Gerhana Bulan Total.



"Kita menghadapi rob setiap bulan. Setiap bulan purnama walaupun tidak ada hujan dan air kiriman dari hulu. Sebentar lagi Gerhana Bulan Total yang kemungkinan diprediksi rob agak meninggi," kata Ali.

Ali memastikan masyarakat telah disosialisasikan fenomena alam Gerhana Bulan Total beserta dampak rob yang diprediksi lebih tinggi dibandingkan saat terjadinya bulan purnama.
Jauh sebelumnya, petugas juga telah berupaya menutup tanggul laut yang bocor dan mempersiapkan karung pasir untuk menahan rob tidak masuk ke daratan seperti pada Pelabuhan Sunda Kelapa, Penjaringan.

Termasuk menyiagakan sejumlah mesin pompa untuk percepatan mengembalikan genangan ke laut saat rob terpantau surut. "Untuk itu kita antisipasi titik genangan rob. Masyarakat sudah kita sosialisasikan untuk waspada. Begitu pun kesiapsiagaan sinergitas petugas, sarana dan prasarana. Termasuk posko sudah kami siapkan," tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)