Atasi Macet, Polda Metro Jaya dan Dishub Bahas U-Turn dan Jalan Satu Arah

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 05:58 WIB
loading...
Atasi Macet, Polda Metro Jaya dan Dishub Bahas U-Turn dan Jalan Satu Arah
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajukan konsep mengurai kemacetan di Jakarta dengan pengurangan u-turn alias putaran U dan jalur satu arah. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajukan konsep mengurai kemacetan di Jakarta. Salah satunya pengurangan u-turn alias putaran U dan penambahan jalur satu arah.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Arifin mengatakan, pembahasan pengurangan u-turn alias putaran U dan penambahan jalan satu arah mulai dibicarakan bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

"Saat ini sedang kami lakukan kajian. Tentu setelah kajian, kami akan laporkan ke beliau (Polda Metro) terkait manajemen rekayasa lalu lintas secara keseluruhan," kata Syafrin dikutip, Jumat (21/10/2022).

"Tujuannya adalah bagaimana titik kemacetan atau kepadatan lalu lintas yang disebabkan oleh putar balik itu bisa kami minimalisir," ujar Syafrin.

Baca juga: Jurus Jitu Berbagai Kota Dunia Kurangi Kemacetan

Syafrin menyebutkan, jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya mendukung penuh terkait langkah-langkah itu. "Tentu Pak Dirlantas (Polda Metro) mendukung untuk kajian komprehensif yang dilakukan nantinya," ucap Syafrin.

Sebelumnya Heru Budi mengatakan, Pemprov DKI masih mencari formula yang tepat untuk mengentaskan kemacetan di Ibu Kota.



Heru menyatakan, bakal berkomunikasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI, Polda Metro Jaya, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terlebih dulu.

"Perlu komunikasi dengan rekan DPRD, masukan-masukannya. Yang berikutnya tentunya berkomunikasi dengan Forkopimda, dengan Polda, untuk mengurangi kemacetan," kata Heru usai paripurna di Gedung DPRD DKI, Senin (17/10/2022).

Heru juga mengatakan, Pemprov DKI berencana mengurangi u-turn atau putaran U untuk mengurangi macet di Ibu Kota. "Programnya mungkin mengurangi u-turn," kata Heru.

Selain itu, Pemprov DKI juga berencana menambah jalan satu arah. Namun, rencana itu perlu dikaji lagi. "Menambah satu arah di waktu-waktu tertentu, bisa pagi sore, dan itu kan perlu komunikasi dengan masyarakat, perlu komunikasi dengan rekan DPRD, masukan-masukannya," ujar Heru.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)