Peringati Hari Pangan, KRKP Bersama YBBS Ajak Siswa Berdayakan Lahan di Sekolah

Selasa, 18 Oktober 2022 - 22:54 WIB
loading...
Peringati Hari Pangan, KRKP Bersama YBBS Ajak Siswa Berdayakan Lahan di Sekolah
Koordinator Nasional KRKP Said Abdullah, Plt Ketua YBBS Bogor Wawan dan Kepala Sekolah SMP IT BBS Syabar Suwadirman memperingati Hari Pangan Sedunia. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Peringati Hari Pangan Sedunia , Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) bersama Yayasan Bina Bangsa Sejahtera Bogor dan RRI Pro 2 Bogor mengajak masyarakat khususnya para siswa untuk peduli pangan.

Hal itu terungkap dalam dialog interaktif yang mengusung tema “Pemuda dan Lingkungan: Memberi Ruang Berekspresi melalui Lahan Produktif di Sekolah” di Gedung SMP Bina Bangsa Sejahtera (BBS), Selasa (18/10/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 50 orang. Mereka terdiri dari para siswa, kelompok pegiat lingkungan, orang tua siswa, dan para guru serta pengurus.



Koordinator Nasional Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah mengatakan dialog interaktif yang dilakukan di sekolah ini bertujuan untuk mengajak semua pihak terutama siswa untuk peduli pangan.

Menurut Said, memperkuat kedaulatan dan ketahanan pangan bisa dilakukan siapa pun baik masyarakat di desa maupun di perkotaan. Masyarakat sekolah menjadi komponen penting untuk memperkuat ketahanan pangan.



“Di sekolah BBS ini kita bisa melihat bagaimana upaya penguatan kesadaran dan perilaku peduli pangan dilakukan. Siswa diajak untuk melakukan inovasi, memanfaatkan lahan produktif di sekolah untuk menanam aneka tanaman pangan. Hal ini sangat bagus dan perlu dikembangkan dibanyak sekolah lain. terang Said.

Plt Ketua Yayasan Bina Bangsa Sejahtera Bogor Wawan Sukmawan, mengungkapkan kegembiraannya atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Wawan menilai, acara hari ini cocok dengan apa yang digagas yaitu ketahanan pangan, selain itu juga ada pameran yang diproduksi para siswa. “Semoga kegiatan lingkungan yang ada di BBS ini bisa diperluas di Bogor, provinsi, maupun nasional. Semoga partner dari kegiatan ini bisa terus berlanjut,” ungkap Wawan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP IT BBS Syabar Suwadirman mengatakan inisiatif sekolah mengembangkan pendidikan lingkungan dan urban farming ini menjadi bagian dari misi sekolah untuk mewujudkan green school sekaligus upaya membangun karakter siswa peduli lingkungan dan pertanian. Sekolah juga memiliki lahan yang bisa dimanfaatkan. Jadilah kegiatan ini dijalankan pihak sekolah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5028 seconds (0.1#10.140)