Ratusan Rumah Bedeng di Kampung Bambu Jakut Dibongkar

Selasa, 11 Oktober 2022 - 16:47 WIB
loading...
Ratusan Rumah Bedeng di Kampung Bambu Jakut Dibongkar
Ratusan rumah bedeng di sepanjang rel kereta dekat Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara dibongkar petugas. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sekitar ratusan rumah bedeng yang berada di sepanjang rel kereta dekat Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara dibongkar petugas dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Tiga Pilar Jakarta Utara pada Selasa (11/10/2022).

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada warga setempat. Menurut Eva, warga sudah kooperatif dengan mengosongkan bangunan sebelum kedatangan petugas.

”Hari ini tidak jadi ada kegiatan penertiban di daerah kumuh Kampung Bambu ini karena memang warga sudah kooperatif melalui sosialisasi sebelumnya. Kemudian pengosongan bangunan secara mandiri,” kata Eva, Selasa (11/10/2022).



Dijelaskan Eva terdapat 254 bangunan semipermanen yang harus dibersihkan dari sepanjang rel dekat Jakarta International Stadium. Hal ini sekaligus untuk memastikan area sepanjang rel steril dari adanya bangunan liar.

”Pembersihan area di jalur KA lintas Jakarta Kota-Tanjung Priok di KM 5+200 sampai dengan 5+900 atau di sekitar Jakarta International Stadium,” ungkap Eva.

Berdasarkan pantauan wartawan, petugas membongkar bangunan dengan tangan kosong maupun alat seadanya seperti bambu panjang. Petugas memukuli material kayu yang menjadi pondasi bangunan semipermanen di lokasi.

Selain bangunan di pinggir rel, petugas juga membongkar bedeng di bawah rel kereta. Ada dua area yang menjadi sasaran petugas dalam pembongkaran di kawasan Kampung Bayam yang berdekatan langsung dengan JIS dan Kampung Bambu di seberangnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4201 seconds (0.1#10.140)