Asal Usul Pulogadung Jaktim yang Dulunya Ladang Umbi-umbian Kini Kawasan Industri Terkemuka

Minggu, 25 September 2022 - 09:15 WIB
loading...
Asal Usul Pulogadung Jaktim yang Dulunya Ladang Umbi-umbian Kini Kawasan Industri Terkemuka
Pulogadung merupakan kawasan industri terkemuka di Jakarta. Dulunya Pulogadung, Jakarta Timur merupakan ladang atau kebun umbi-umbian. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menyebut nama Pulogadung langsung teringat terminal dan kawasan industri . Namun, siapa sangka Pulogadung yang merupakan salah satu kecamatan di Jakarta Timur itu dulunya ladang umbi-umbian.

Dikutip dari buku 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe (Oktober 2012) karya Zaenuddin HM, Pulogadung berasal dari nama Pulo yang berarti pulau, sedangkan Gadung adalah umbi-umbian yang banyak tumbuh di wilayah tersebut.

Maka itu, masyarakat setempat menyebut wilayah yang banyak ditumbuhi umbi-umbian jenis gadung itu sebagai Pulogadung.
Baca juga: Asal Usul Pasar Baru, Dibangun untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat Eropa di Batavia

Kini, Pulogadung bukan lagi ladang atau kebun umbi-umbian. Dalam perjalanan sejarahnya, Pulogadung diresmikan sebagai kecamatan pada tahun 1956.

Dari awal pembentukannya, Pulogadung kemudian dikenal sebagai pusat produksi perabotan rumah tangga. Produk yang dihasilkan yakni dandang, rantang, alat jemuran, hingga lemari pakaian.

Pulogadung bertransformasi menjadi kawasan industri terkemuka di Jakarta pada tahun 1970-an di mana saat itu PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) sebagai pengelola membangun banyak pabrik sebagai tempat produksi.

Kawasan ini terpilih karena letaknya yang strategis dan akses memadai bagi distribusi. Terlebih adanya infrastruktur seperti Terminal Pulogadung yang merupakan salah satu terminal terbesar di Jakarta. Hadirnya terminal semakin memudahkan mobilitas dan aktivitas masyarakat.

Diketahui, Pulogadung meliputi 7 kelurahan yaitu Cipinang, Jati, Jatinegara Kaum, Kayu Putih, Pisangan Timur, Pulogadung, dan Rawamangun. Kecamatan Pulogadung berbatasan langsung dengan Kecamatan Kelapa Gading di sebelah utara, Kecamatan Jatinegara di selatan, Kecamatan Cakung di Timur, juga Kecamatan Matraman dan Kecamatan Cempaka Putih di bagian barat.

Melansir data BPS Jakarta Timur Dalam Angka 2022, Pulogadung yang memiliki luas 15,61 kilometer persegi menempati 8,3 persen wilayah Jakarta Timur. Pulogadung menyumbang 9,22 persen penduduk dari jumlah seluruh penduduk Jakarta Timur, dengan total 281.598 penduduk dan 103.102 kepala keluarga pada tahun 2021.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1250 seconds (10.101#12.26)