Keren, Kapolsek Perempuan Lulusan Adhi Makayasa Lolos Studi ke Jepang

Kamis, 22 September 2022 - 13:03 WIB
loading...
Keren, Kapolsek Perempuan Lulusan Adhi Makayasa Lolos Studi ke Jepang
Kapolsek Penjaringan, Kompol Ratna Quratul Aini.Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Sebanyak 12 anggota Polri terpilih mengikuti studi banding sistem kepolisian di Jepang Angkatan XX Tahun Anggaran 2022. Satu dari 12 anggota terpilih tersebut ialah Kapolsek Penjaringan, Kompol Ratna Quratul Aini.

Belasan personel terlebih yang mengikuti studi banding ini sebelumnya telah melalui rangkaian seleksi. Mereka telah diwawancarai oleh enam Penguji baik dari Polri maupun dari pihak JICA Jepang.

Jumlah peserta awal yang diseleksi sebanyak 100 peserta, hingga terpilih lah 12 orang personel Polri. Nama Kompol Ratna Quratul Aini menjadi salah satu perwira yang terpilih mengikuti studi banding tersebut.

Kompol Ratna Quratul Aini bukanlah sosok sembarangan. Hal itu bisa dibuktikan dengan terpilihnya Ratna sebagai peraih Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian (Akpol) pada 2006 silam.

Untuk mendapatkan penghargaan itu, Ratna harus bisa menunjukkan prestasi di tiga aspek selama pendidikan. Ketiga aspek itu antara lain, akademis, jasmani, dan kepribadian (mental).Baca: Profil Kompol Ratna Quratul Aini, Kapolsek Penjaringan Peraih Adhi Makayasa di Akpol

Ketika wisuda, Ratna bersanding dengan tiga orang pria dari Akademi Militer (Akmil) Imam Buchori, Akademi Angkatan Laut (AAL) Abdul Gofur, dan Akademi Angkatan Udara (AAU) Bayu Anugerah Rahardjo Putra. Ketika itu, Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikannya penghargaan secara langsung.

Sampai dengan saat ini, belum ada lagi sosok perempuan yang menerima Adhi Makayasa selepas dirinya. Jabatan sebelumnya yang diemban oleh perempuan kelahiran 10 Mei 1985 ini adalah Kasatbinmas Polres Jakarta Barat.
(hab)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1701 seconds (11.252#12.26)