Penampakan Harta Karun Artefak Saluran Air Batavia di Proyek MRT Bundaran HI-Kota

Selasa, 20 September 2022 - 17:01 WIB
loading...
Penampakan Harta Karun Artefak Saluran Air Batavia di Proyek MRT Bundaran HI-Kota
Sejumlah artefak ditemukan sepanjang proyek MRT CP203 Bundaran HI-Kota, Jakarta Barat. Foto/MPI/M Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Sejumlah artefak ditemukan sepanjang proyek MRT CP203 Bundaran HI-Kota, Jakarta Barat. Mulai dari pecahan keramik, botol, bata zaman kolonial ditemukan.

Pantauan MNC Portal Indonesia di proyek MRT CP203, Selasa (20/9/2022) nampak saluran air atau terakota peninggalan Kolonial Belanda berupa pipa dilapisi batu bata tebal.



Di utara proyek MRT CP203 terlihat tumpukan terakota yang siap diangkat dan dipindahkan sementara ke dekat Stasiun Jakarta Kota atau Beos.Kemudian dibagian tengah terlihat potongan terakota lengkap dengan pipa dan batu bata zaman kolonial pun siap diangkat.

Penampakan Harta Karun Artefak Saluran Air Batavia di Proyek MRT Bundaran HI-Kota


Sementara itu sisi selatan proyek MRT CP203 atau tepatnya dekat Pasar Glodok terlihat sejumlah pekerja tengah membersihkan terakota dan berusaha untuk diangkat.

Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta Mohamad Aprindy mengungkap ada temuan artefak zaman kolonial Batavia dan Sunda Kelapa di lokasi pembangunan MRT Fase 2 Bundaran HI-Kota. Menurutnya itu menjadi tantangan tersendiri dalam pembangunan MRT Fase 2.

”Tantangan berikutnya adalah yang mendapingi kami badan arkeologi nasional untuk membantu kami karena banyak temuan di fase dua ini temuan temuan artefak lama ada dari zaman Batavia, sunda kelapa,” kata Aprindy.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)