Pergerakan Tanah di Bojongkoneng Bogor, Prabowo Gerak Cepat Bantu Warga

Minggu, 18 September 2022 - 16:34 WIB
loading...
Pergerakan Tanah di Bojongkoneng Bogor, Prabowo Gerak Cepat Bantu Warga
Pergerakan tanah di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu (14/9/2022) mendapat perhatian serius dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang tinggal tidak jauh dari lokasi bencana. Foto: Ist
A A A
BOGOR - Pergerakan tanah di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu (14/9/2022) mendapat perhatian serius dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang tinggal tidak jauh dari lokasi bencana.

Prabowo mengutus dua orang untuk ikut membantu penanganan bencana alam tersebut yaitu Wakil Sekjen DPP Partai Gerindra yang juga Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto dan Kepala Rumah Tangga Padepokan Garuda Yaksa Budi Waljiman.

"Saya mendapat amanat dari Pak Prabowo Subianto untuk menampung aspirasi masyarakat yang menjadi korban bencana pergerakan tanah," ujar Rudy di lokasi, Jumat (16/9/2022).
Baca juga: Dikepung Bencana, DPRD Bogor Bunyikan Alarm Siaga Bencana

Lokasi bencana hanya berjarak beberapa ratus meter dari kediaman Prabowo. Saat bencana terjadi pada Kamis, Prabowo sedang berada di Maluku dalam rangka mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sekembalinya dari Maluku, Prabowo langsung memerintahkan agar langsung turun membantu warga. Rudy pun datang memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok dan memastikan kebutuhan warga terdampak dapat terpenuhi.

"Jadi beliau (Prabowo) baru pulang dari kunjungan di Maluku langsung memberi atensi agar bencana ditengok kebutuhan masyarakat, terutama kebutuhan pokok terpenuhi," kata Rudy.

Dia mengimbau masyarakat di sekitar lokasi pergerakan tanah agar mengikuti instruksi yang diberikan petugas. Terlebih pergerakan tanah masih terus terjadi dan kian melebar.

"Melihat kondisi hari ini saat intensitas hujan masih tinggi, kami mengimbau masyarakat untuk tidak mendiami dulu rumah yang terdampak. Setelah tidak ada pergerakan akan kita evaluasi lagi," ucapnya.

Berdasarkan kajian awal kondisi geologis tanah di Bojongkoneng cenderung labil. Dia meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor segera membuat peta mitigasi bencana dan mendata area yang bisa dijadikan permukiman atau tempat relokasi.

Rudy memastikan Prabowo juga menyiapkan lokasi pengungsian apabila tempat pengungsian tidak cukup. "Jika mereka butuh tempat pengungsian, maka Padepokan Garuda Yaksa milik Pak Prabowo siap menampung para pengungsi," ujarnya.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1389 seconds (10.55#12.26)