Ini Penyebab Kota Bogor Kerap Dilanda Banjir Lintasan

Selasa, 13 September 2022 - 13:00 WIB
loading...
Ini Penyebab Kota Bogor Kerap Dilanda Banjir Lintasan
Kota Bogor kerap dilanda bencana banjir dan longsor setiap hujan deras mengguyur wilayahnya. Foto/Ilustrasi
A A A
BOGOR - Dalam beberapa waktu terakhir, wilayah Kota Bogor kerap dilanda bencana ketika hujan deras yang mulai mengguyur sore hari. Salah satu bencana yang sering terjadi yakni banjir lintasan cukup parah.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Teofilio Patrocinio Freitas mengatakan terdapat beberapa faktor yang membuat banjir lintasa kerap terjadi. Bukan hanya intensitas hujan tinggi, tetapi banyak saluran air atau drainase yang sudah tertutup beton.

”Selain hujan yang deras, faktor lain drainase yang ada tidak nampung. Di depan rumah (drainase) sudah ditutup,” kata Theo, Selasa (13/9/2022).

Debit air yang tinggi karena hujan, tidak dapat masuk ke dalam drainase yang sudah tertutup. Sehingga, air dengan bebas mengalir mengikuti kontur jalan. Baca juga: Banjir dan Tanah Longsor Terjang Kota Bogor

”Jadi debit air yang tadinya bisa masuk ke drainase akhirnya mengalir bebas mengikuti ruas jalan, terus ke permukiman warga dan lain-lain. Masyarakat berpengaruh ikut juga, ada kontribusi perlakuan masyarakat terhadap drainase itu sendiri,” ungkapnya.

Teo menambahkan, adapun salah satu banjir lintasan yang cukup parah terjadi pada Minggu 11 September 2022. Banjir itu terjadi di beberapa titik seperti Cikaret, Mulyaharja dan Pasir Kuda.



”Kemarin itu (Minggu) kalau posisi banjir semua parah mulai dari Cikaret arah Pasir kuda, juga di Mulyaharja. Tapi karena banjir lintasan jadi cepat selesai. Sisanya itu longsor jalan di Cibereum, Mulyaharja, dan longsor di Jembatan I,”terangnya.

Di samping itu, terkait dampak kerusakan karena bencana yang terjadi di Kota Bogor akan dicek oleh unusr terkait. Selanjutnya, akan ditindak lanjuti oleh dinas untuk perbaikan.”Secara umum informasi data kejadian yang ada dicek ke lokasi sama kita,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)