4 Jenderal Polisi Pernah Jabat Kadiv Propam Polri, Nomor 2 Lumpuhkan Teroris Dr Azahari

Senin, 12 September 2022 - 06:05 WIB
loading...
4 Jenderal Polisi Pernah Jabat Kadiv Propam Polri, Nomor 2 Lumpuhkan Teroris Dr Azahari
Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo adalah Kapolri sekarang ini. Listyo Sigit pernah menjabat Kadiv Propam Polri pada 2018. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Empat jenderal polisi ini pernah menjabat Kadiv Propam Polri selain Irjen Pol Ferdy Sambo yang dipecat karena menjadi otak pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Setelah menduduki Kadiv Propam, biasanya karier jenderal polisi selalu mulus hingga puncak.

Sebut saja, Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis yang mantan Kadiv Propam sukses menapaki karier hingga menjadi Kapolri. Kemudian, Kapolri sekarang ini Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo adalah mantan Kadiv Propam Polri.
Baca juga: Profil Jenderal Unggung Cahyono, Mantan Kapolda Metro Jaya dengan Karier Moncer di Korps Brimob

Untuk mengetahui profil-profil perwira tinggi yang pernah mengemban Kadiv Propam, berikut 4 jenderal polisi pernah menjabat Kadiv Propam Polri selain Ferdy Sambo dihimpun dari berbagai sumber, Senin (12/9/2022):

1. Komjen Polisi (Purn) Mochamad Iriawan
Komjen Pol (Purn) Mochamad Iriawan saat ini menjabat Ketua Umum PSSI periode 2019-2023. Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan adalah Kadiv Propam Polri pada tahun 2016.

Jebolan Akpol 1984 ini sebelumnya mengemban amanah sebagai Sekretaris Utama Lemhannas. Dia juga cukup lama berkecimpung di wilayah hukum Polda Metro Jaya sebagai Kapolsek Sawah Besar (1995), Wakapolres Metro Tangerang (1997), Direskrimum Polda Metro Jaya (2008), hingga Kapolda Metro Jaya (2016).

Saat menjadi Direskrimum Polda Metro Jaya, Iwan Bule berhasil mengungkap kasus terkenal yakni pembunuhan kontroversial Nasrudin Zulkarnaen dengan tersangka Ketua KPK Antasari Azhar.

Selain Kapolda Metro Jaya, dia juga pernah menjabat Kapolda NTB (2012) dan Kapolda Jawa Barat (2013).
4 Jenderal Polisi Pernah Jabat Kadiv Propam Polri, Nomor 2 Lumpuhkan Teroris Dr Azahari

Komjen Pol (Purn) Mochamad Iriawan. Foto: Dok SINDOnews

2. Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis
Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis adalah mantan Kapolri (2019) yang sebelumnya pernah menjadi Kadiv Propam pada tahun 2016 menggantikan Mochamad Iriawan yang saat itu berpangkat Irjen Pol.

Kemudian, pada 2017 jebolan Akpol 1988 itu diangkat sebagai Kapolda Metro Jaya. Idham Azis tergolong polisi yang menerima kenaikan pangkat cukup cepat ketika bergabung dalam tim Bareskim.

Prestasi Idham yang paling prestisius yakni melumpuhkan gembong teroris Dr Azahari dan kelompoknya di Batu, Malang, Jawa Timur. Saat itu Idham mendapat penghargaan dari Kapolri.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1672 seconds (11.210#12.26)