4 Pejabat Polda Metro Jaya yang Punya Gelar Adhi Makayasa, Nomor 3 Polwan Cantik

Jum'at, 09 September 2022 - 12:00 WIB
loading...
4 Pejabat Polda Metro Jaya yang Punya Gelar Adhi Makayasa, Nomor 3 Polwan Cantik
Sedikitnya ada empat mantan atau pejabat Polda Metro Jaya yang pernah mendapatkan gelar Adhi Makayasa. Salah satunya Kompol Ratna. Foto DOK Polres Jakbar
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat mantan atau pejabat Polda Metro Jaya yang pernah mendapatkan gelar Adhi Makayasa . Gelar tersebut terbilang sangat membanggakan bagi lulusan Akademi Kepolisian (Akpol).

Gelar Adhi Makayasa merupakan penghargaan tahunan terhadap lulusan terbaik Akpol. Penghargaan tidak hanya diberikan untuk polisi saja melainkan juga lulusan terbaik TNI.

Baca juga : Profil Adira Rizky Nugroho, Peraih Adhi Makayasa 2022 dari Akpol

Bagi setiap pejabat atau mantan pejabat di Polda Metro Jaya, penghargaan ini tentu merupakan sebuah pencapaian tersendiri. Sebab, mereka dapat diakui sebagai lulusan Akpol yang berintelektual tinggi.

Berikut empat mantan atau pejabat Polda Metro Jaya yang memiliki gelar Adhi Makayasa seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Komjen (Purn) Moechgiyarto

Purnawirawan Polri yang pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya pada tahun 2016 ini merupakan peraih penghargaan Adhi Makayasa dalam Akpol 1986.

Komjen Moechgiyarto memang terkenal cerdas, terbukti dari peringkat satu yang didapatnya setiap pendidikan Polri seperti PTIK, Sespim, hingga Sespati.

Sebelum pensiun, jenderal bintang tiga ini sempat mengemban jabatan sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

2. AKBP Bismo Teguh Prakoso

Jebolan Akpol 2001 ini juga mendapatkan gelar lulusan terbaik. Selain itu dia juga menjadi lulusan terbaik di PTIK 2008.

Sebelum menjabat sebagai Wakapolres Metro Jakarta Barat, AKBP Bismo Teguh pernah menjabat sebagai Kanit II Subdit Indag Ditreskrimsus dan Kanit V Subdit Indag Ditreskrimsus di Polda Metro Jaya.

Perwira menengah Polri ini juga telah mendapatkan gelar Doktor setelah menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Indonesia mendalami Kriminologi pada tahun 2020.

Baca juga : Profil Komjen Purn Moechgiyarto, Mantan Kapolda Metro Jaya Peraih Adhi Makayasa

3. Kompol Ratna Quratul Aini

Polwan cantik yang diberikan amanah sebagai Kapolsek Penjaringan ini juga terpilih sebagai peraih Adhi Makayasa dari Akpol tahun 2006.

Sebelumnya Kompol Ratna juga sempat menjabat sebagai Pamen Ro SDM Polda Metro Jaya tahun 2019 dan Pamen Polda Metro Jaya tahun 2020 lalu.

4. Ipda Ivan Pradipta Mahadika

Sosok selanjutnya yakni Ipda Ivan Pradipta Mahadika yang telah mendapatkan gelar Adhi Makayasa Akademi Kepolisian (Akpol) 2020.

Saat ini lulusan terbaik Akpol tersebut menjabat sebagai Perwira Pertama (Pama) Polda Metro Jaya. Sebelumnya dia sempat gagal masuk Akpol dan memilih masuk ITB. Kemudian di tahun berikutnya dia kembali mencoba lagi.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)