Program Rp1 Miliar Satu Desa di Kabupaten Bogor Segera Terealisasi

Jum'at, 09 September 2022 - 01:42 WIB
loading...
Program Rp1 Miliar Satu Desa di Kabupaten Bogor Segera Terealisasi
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan.Foto/MPI/Dok
A A A
BOGOR - Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan memastikan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) 2022 akan segera direalisasikan. Kepastian itu didapat usai revisi Peraturan Bupati (Perbup) soal bantuan keuangan desa tersebut disetujui Kemendagri.

"Sejak Senin kami rapat maraton dengan dinas terkait masalah Perbup ini. Alhamdulillah SKPD bergerak cepat, karena waktu tinggal 4 bulan. Semua bergerak simultan," kata Iwan, Kamis (8/9/2022).

Iwan menambahkan, hasil revisi Perbup Samisade telah dikeluarkan Kemendagri dan Gubernur Jawa Barat. Perbup Nomor 69 tahun 2022 itu juga telah ditandatanganinya pada Selasa 6 September 2022.

"Alhamdulillah dengan komunikasi yang bagus dengan Mendagri dan Gubernur Jabar, revisinya bisa keluar. Dan Selasa kemarin Alhamdulillah (Perbup) sudah saya ditandangani," ungkap Iwan.

Dengan demikian, Pemkab Bogor bakal segera mencairkan bantuan keuangan desa tersebut. Iwan juga mengapresiasi DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto yang terus mendorong agar program tersebut bisa direalisasikan segera mungkin.

"Saya juga ditelepon Ketua DPRD Rudy Susmanto untuk segera direalisasikan. Saya juga mengapresiasi wakil rakyat yang mendukung agar Samisade ini bisa terealisasi," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menegaskan, pihaknya sejalan dengan visi misi kepala daerah, termasuk menyukseskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) hingga 2023.

Salah satu program prioritas yang mendapat atensi khusus adalah samisade. Tiap tahun, DPRD Kabupaten Bogor tak pernah absen menganggarkan bantuan keuangan infrastruktur desa tersebut.

"Di tahun anggaran 2022, kami menganggarkan penuh Samisade untuk seluruh desa se-Kabupaten Bogor yang mengajukan. Walaupun Saat itu kita sahkan di akhir Desember 2021, dimana hingga awal 2022 masih ada desa yang belum selesai melaporkan LPJ tapi kami tetap menganggarkan," ucap Rudy.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)