Tolak Penggusuran, Warga Taman Duren Sawit: Kami Punya Sertifikat Tanah dan IMB

Rabu, 07 September 2022 - 12:11 WIB
loading...
Tolak Penggusuran, Warga Taman Duren Sawit: Kami Punya Sertifikat Tanah dan IMB
Sejumlah warga Perumahan Taman Duren Sawit, Jakarta Timur menolak upaya penggusuran perumahan mereka karena telah memiliki sertifikat lengkap. Foto/MPI/Muhammad Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Sejumlah warga Perumahan Taman Duren Sawit, Jakarta Timur menolak upaya penggusuran perumahan mereka karena telah memiliki sertifikat lengkap. Diketahui perintah eksekusi pengosongan dan penggusuran ini diterbitkan langsung Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur dengan nomor surat W10.U5/6690/HK.02/VIII/2022.

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi terlihat sejumlah aparat gabungan dari TNI-Polri hingga Satpol PP. Terlihat pula sejumlah orang mengenakan rompi merah lengkap dengan dua unit eskavator.

Namun, upaya penggusuran mendapat penolakan dari warga kompleks Taman Duren Sawit. Warga membentangkan spanduk bertuliskan "Mafia tanah akan merampas hak milik warga tangkap dan adili". Warga pun berupaya menutup akses jalan dengan dua unit truk portal dan sejumlah mobil pribadi milik warga.

Salah satu warga, Jidin Napitupulu mengatakanb, seluruh warga menolak keras penggusuran. Sebab, lahan yang dimiliki warga telah resmi memiliki sertifikat tanah, sertifikat hak milik (SHM) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Baca: Anies Akan Cek Kendala Pencabutan Pergub terkait Penggusuran Era Ahok

"Bagaimana mungkin orang yang telah memiliki sertifikat tanah selama puluhan tahun, hari ini diancam digusur, dieksekusi dengan mengandalkan kekuatan memakai tenaga aparat sebagai pelindungnya. Sekarang saya tantang yang merasa ahli waris saya tantang hari ini saya akan keluar bila mana ahli waris yang jelas dan sah. Mafia peradilan berkolusi dengan mafia pertanahan," kata Jidin dengan nada keras kepada awak media dilokasi, Rabu (7/9/2022).

Jidin meminta pertolongan dan perlindungan dari Presiden Jokowi hingga akan menghadap langsung ke Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto. Dia dengan lantang menyebut mafia tanah bergelimpangan di Jakarta.

"Bapak Jokowi yang terhormat lindungi wargamu yang sangat baik ini, Bapak Menkopolhukam lindungi masyarakatmu ini bapak. Bapak Kapolri lindungi masyarakatmu bapak. Kembali mafia pertanahan bergelimpangan di sekitar Jakarta. Bapak Hadi Tjahjanto saya akan menghadap bapak dengan segala hormat," ujarnya.

(hab)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1808 seconds (10.101#12.26)