3 Baju Adat Betawi dan Keunikannya, Nomor 2 Dipakai Jawara

Rabu, 24 Agustus 2022 - 22:05 WIB
loading...
3 Baju Adat Betawi dan Keunikannya, Nomor 2 Dipakai Jawara
Baju adat Betawi. Foto: Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Terdapat 3 baju adat Betawi dan keunikannya. Baju adat khas Betawi mempunyai sentuhan dari China, Arab, dan Melayu.

Biasanya baju adat Betawi identik dengan corak dan warna mencolok. Kaum perempuannya mengenakan kebaya dan pria menggunakan baju koko.
Baca juga: Uniknya, Budaya Betawi di Busana Generasi Milenial

Berikut 3 baju adat Betawi dan keunikannya yang berhasil dihimpun, Rabu (24/8/2022):

1. Baju Sadariah
Baju ini biasa digunakan oleh laki-laki. Meski tampilannya simpel, namun memiliki tren yang cukup menarik dan penuh makna.

Baju Sadariah digunakan saat acara atau event tertentu dilengkapi baju koko warna putih polos dengan celana komprang bermotif batik parang, cukin alias kain di leher berwarna terang, peci hitam polos dan alas kaki selop terompah.

Baju adat ini juga dilengkapi aksesoris seperti cincin batu akik dan gelang bahar yang sangat khas Betawi. Baju sadariah sebagai identitas pemakainya sebagai laki-laki yang rendah hati, dinamis, sopan, dan memiliki wibawa.
3 Baju Adat Betawi dan Keunikannya, Nomor 2 Dipakai Jawara

Baju Sadariah. Foto: antaranews.com

2. Baju Pangsi
Baju Pangsi sering dipakai oleh jawara Betawi yang notabenenya para pendekar. Melalui baju adat ini identik dengan orang Betawi yang simpel dan tidak neko-neko.

Baju Pangsi memiliki warna hitam dengan celana hitam kemudian leher yang bulat dan lengan panjang yang dibuat longgar sehingga celananya bisa dibuat menggantung agar terlihat lebih simpel.

Biasanya hanya dipakai kaum kecil, namun lama kelamaan dipakai guru silat hingga sekarang menjadi sangat populer dan bisa dipakai siapa saja.

Dahulu memang digunakan sehari-hari, namun seiring berkembangnya zaman hanya digunakan ketika acara tertentu saja misalkan Palang Pintu pada acara pernikahan orang Betawi.
3 Baju Adat Betawi dan Keunikannya, Nomor 2 Dipakai Jawara

Baju Pangsi. Foto: Dok SINDOnews
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1450 seconds (10.55#12.26)