Pemuda Kaum Betawi Deklarasi Dukung Pramono Anung-Rano Karno

Rabu, 25 September 2024 - 14:22 WIB
loading...
Pemuda Kaum Betawi Deklarasi...
Organisasi Kebudayaan dan Kepemudaan Pemuda Kaum (PK) Betawi mendukung pasangan Cagub-Cawagub Jakarta Nomor Urut 3 Pramono Anung-Rano Karno. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pasangan Cagub-Cawagub Jakarta Nomor Urut 3 Pramono Anung-Rano Karno kembali mendapat dukungan. Kali ini, dukungan datang dari Organisasi Kebudayaan dan Kepemudaan Pemuda Kaum (PK) Betawi.

“Pada kesempatan ini hari ini Rabu, 25 September 2024, perlu disampaikan telah mewujud dan hadir Organisasi Kebudayaan dan Kepemudaan Pemuda Kaum Betawi disingkat PK Betawi sebagai organisasi penting dalam konteks Kebudayaan dan Kepemudaan Betawi di Jakarta,” kata Ketua Umum Pemuda Kaum Betawi H. Masykur Isnan dalam siaran pers, Rabu (25/9/2024).

Dia membeberkan visi PK betawi adalah mewujudkan generasi muda Betawi yang berintegritas, kreatif, dan berdaya saing tinggi dalam upaya membangun masyarakat yang maju, sejahtera, dan berbudaya.





Kemudian, dia mengungkapkan misi PK Betawi yakni mengembangkan potensi pemuda Betawi melalui pelatihan, peningkatan partisipasi sosial, pelestarian budaya, kerja sama strategis, serta dukungan inovasi dan kreativitas untuk menciptakan generasi yang berintegritas, peduli, dan berdaya saing.

“Langkah ini menjadi penting untuk memperkuat eksistensi Betawi kepada publik dan khalayak umum sekaligus menjawab segala dinamika dan pertanyaan yang berkembang mengingat Betawi memiliki warisan budaya yang luhur dalam perkembangan zaman,” tuturnya.



Dia mengatakan, Pemuda Kaum Betawi akan terus meneguhkan eksistensi dan kontribusi, namun tidak terbatas pada optimalisasi aktivitas organisasi, pengembangan struktur organisasi melalui pembentukan badan-badan (Lembaga Bantuan Hukum, Batavia Political School, Penerbitan Literasi Betawi, Podcast Bale Warga, Ekonomi Kreatif, Event Budaya Kontemporer, Merchendising Etsdah, dan lain-lain) dalam rangka menjaga dan mengembangkan warisan budaya Betawi, partisipasi aktif masyarakat Betawi pada lini ekonomi, sosial, politik, dan budaya.

Selanjutnya, kata dia, sebagai penguatan dan perwujudan hal-hal tersebut di atas, Pemuda Kaum Betawi akan mengonsolidasi diri dalam rangka merumuskan program kerja organisasi ke depan yang efektif, efisien, dan progresif. Dia menuturkan, Pemuda Kaum Betawi saat ini mengedepankan prinsip-prinsip utama, yakni pluralitas, inklusif, dan profesional melalui agenda-agenda yang strategis, di antaranya dengan peningkatan dan pelibatan sumber daya manusia yang yang kompetens untuk membersamai kemajuan organisasi dan menjawab tantangan serta peluang bagi masyarakat Betawi.

Dia mengatakan, dinamika mengajak seluruh pihak untuk fokus ke depan dengan menguatkan kebersamaan dan melaju bersama, terlebih lagi akan dihadapkan pada kontestasi politik pemilihan kepala daerah yang memilki andil besar dalam penyusunan dan implementasi kebijakan publik, termasuk masyarakat Betawi. Dia melanjutkan, Pemuda Kaum Betawi berkewajiban untuk berperan menyukseskan kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

Namun tidak terbatas pada menentukan pilihan dan mendorong keaktifan anggota memilih calon pemimpin yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan Jakarta dan Betawi. “Pemuda Kaum Betawi telah secara seksama, komperehensif, dan intensif menelaah para calon yang berkontestasi pada pesta demokrasi Jakarta, selanjutnya bersama ini menyampaikan dukungan resmi kepada Bapak Dr.Ir.Pramono Anung Wibowo, M.M dan Bapak H. Rano Karno, S.I.P,’ ungkapnya.

Pada momentum ini, Pemuda Kaum Betawi mendorong hadirnya politik yang riang dan gembira di Jakarta dengan menginiasi gerakan Sendal Jepit-Menyatukan Langkah dan meluncurkan sebuah literasi politik berjudul ‘Anak Betawi Bisa Apa? Arah Gerak Politik Anak Muda Betawi’ yang dapat diakses masyarakat secara luas melalui platform digital. Bersama dengan elemen dan organ lainnya di dalam wadah Sobat Bang Doel, gerakan ini akan dimasifkan sebagai ikhtiar bersama mengedukasi politik subtantif kepada masyarakat Jakarta dan Betawi.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)