Anies Tawarkan Alaspadu dan Rumapadu, Hunian Kelas Menengah Dekat Stasiun MRT

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 09:39 WIB
loading...
Anies Tawarkan Alaspadu dan Rumapadu, Hunian Kelas Menengah Dekat Stasiun MRT
Gubernur DKI Anies Baswedan menawarkan hunian Alaspadu dan Rumapadu yang berada di kawasan transit oriented development (TOD) Mass Rapid Transportation. Foto: IG@aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Anies Baswedan menawarkan hunian terjangkau bagi masyarakat kelas menengah di Jakarta, yakni Alaspadu dan Rumapadu. Hunian tersebut berada di kawasan transit oriented development (TOD) Mass Rapid Transportation.

"Mau tinggal di hunian yang cuma 10 menit jalan kaki dari stasiun MRT?" tulis Anies di akun Instagramnya dikutip Sabtu (20/8/2022).

Baca juga: Lewat Hunian, Anies Ajak Generasi Milenial Jakarta Tinggalkan Pola Hidup Lama

"Alaspadu dan Rumapadu, adalah jawabannya. Solusi dari Pemprov DKI Jakarta/ JAKHABITAT untuk membantu warga kelas menengah Jakarta yang ingin tinggal di hunian terjangkau di pusat kota," sambung Anies.

Anies menjelaskan, Alaspadu merupakan hunian sewa berkonsep co-living. Sedangkan Rumapadu merupakan hunian kepemilikan (kelas apartemen). Keduanya dihadirkan di kawasan berorientasi transit dengan jarak yang sangat dekat dengan Stasiun MRT dan moda transportasi publik lainnya, serta harga yang terjangkau.

Baca juga: Luas Wilayah Jakarta Tak Bisa Ditambah Lagi, Anies: Hunian Harus Vertikal

Untuk menghadirkan Alaspadu dan Rumapadu, PT MRT Jakarta (Perseroda) melalui anak usahanya PT Integrasi Transit Jakarta berkolaborasi dengan pihak swasta, yaitu PT Rukita Bhinneka, dan PT Cove Living Indonesia.

Alaspadu dan Rumapadu mengakomodir kebutuhan dan kemampuan kelas pekerja menengah (penghasilan Rp7-20 juta/bulan) yang belum terakomodir dalam program perumahan untuk kategori masyarakat berpenghasilan rendah dan juga belum mampu memiliki hunian di pusat kota.

"Ini juga merupakan bagian dari JAKHABITAT yang merupakan solusi penyediaan hunian di DKI Jakarta," kata Anies.

Pihak pengelola bangunan tidak kehilangan propertinya karena bangunan tersebut tidak dijual maupun dilepas kepemilikannya, melainkan dikelola dengan bersama Pemprov DKI Jakarta. "Pendekatan kolaborasi untuk menghadirkan hunian, menawarkan paradigma baru hidup di kawasan urban," sebut Anies.

Saat ini, kata Anies, 359 unit hunian Alaspadu tersedia di sekitar tiga Stasiun MRT Jakarta, yaitu Stasiun Dukuh Atas BNI, Stasiun Blok M BCA, dan dari Stasiun Cipete Raya.

Rincian 106 unit siap huni dan 253 unit dalam tahap persiapan/penjajakan kerja sama. Sementara 320 lainnya sedang tahap pembangunan di sekitar Stasiun Fatmawati.
(thm)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1365 seconds (10.55#12.26)