Ribuan Pelaku UMKM Topang Pergerakan Ekonomi di Kota Bekasi

Senin, 15 Agustus 2022 - 12:41 WIB
loading...
Ribuan Pelaku UMKM Topang Pergerakan Ekonomi di Kota Bekasi
Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto bersama pelaku UMKM. Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Pemkot Bekasi menyebutkan pertumbuhan ekonomi di wilayahnya sangat di topang oleh kemajuan UMKM, sehingga pelaku wirausaha menjadi penggerak strategis pertumbuhan ekonomi pasca pandemi.

”Kota Bekasi tak memiliki sumber daya alam, maka kekuatannya kita memiliki potensi pasar yang luar biasa. 2,4 juta jiwa penduduknya merupakan pasar terbaik untuk UMKM kita, 250 ribu pelaku UMKM penggerak ekonomi di Bekasi,” ujar Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Senin (15/8/2022).

Menurut Tri, pemerintah nantinya akan hadir dan berkonsentrasi bagaimana tidak hanya mengelola pendanaan di sektor kesehatan tetapi juga sektor ekonomi sehingga berupaya bagaimana menambah jumlah wirausaha baru di kota Bekasi juga menjadi perhatian.

Tri juga turut memotifasi para pelaku UMKM yang turut serta dalam event tahunan komunitas Tangan Di atas (TDA) Bekasi ini. Pertama orang orang yang sukses akan memotivasi yang belum sukses. Kedua, mereka mendapatkan kesempatan untuk tampil.

”Kalau selama ini mereka berjualan secara online maka hari ini mereka bisa juga berjualan secara offline,” katanya. Baca juga: Dongkrak Ekonomi Pelaku UMKM, BKB Siap Jadi Wadah

Hal itu akan membuat tumbuhnya mentalitas seorang pengusaha, entrepreneur, wirausaha dengan melihat secara jelas apa yang sudah dihasilkan teman yang lain, karena sesungguhnya kompetitor mereka bukan yang hadir hari ini tetapi yang ada diluar sana, katanya.

Usai meresmikan kegiatan Pesta Wirausaha Bekasi 2022 Plt Wali kota Tri Adhianto juga mengunjungi stand stand UMKM dan juga ikut mencicipi produk produk hasil karya warganya serta warnai dengan aksi foto bareng pelaku usaha dengan produknya.

Presiden Tangan Di Atas (TDA) Ibrahim M. Bafaqih menyatakan Kelompok Mentoring Bisnis (KMB) yang dilakukan TDA terhadap anggotanya di klaim sangat efektif dalam memulihkan dan membangkitkan kembali semangat berwirausaha.

”Pandemi Covid-19 sangat dirasakan oleh anggota TDA yang mengalami guncangan usahanya, maka satu satunya acara untuk bisa bangkit minimal motivasinya dahulu, karenanya kita ada Kelompok Mentoring Bisnis (KMB) berangotakan 5 orang,” ujarnya.

Program mentoring ini yang menurut saya tingkat keberhasilannya sangat tinggi meskipun juga perlu adanya trainer untuk melengkapi dan menjaga semangat kelompoknya. Pesta wirausaha ini merupakan gong nya atau meriahnya kembali para pengusaha TDA.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1482 seconds (11.252#12.26)