Dongkrak Ekonomi Pelaku UMKM, BKB Siap Jadi Wadah

Senin, 30 Mei 2022 - 20:17 WIB
loading...
Dongkrak Ekonomi Pelaku UMKM, BKB Siap Jadi Wadah
Busana Kreasi Bangsa (BKB) siap membantu pelaku UMKM yang bergerak usaha di bidang fashion. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Busana Kreasi Bangsa (BKB) siap membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) yang bergerak usaha di bidang fashion . Tujuannya mendongkrak ekonomi pelaku UMKM.

"Jadi konsepnya BKB menjadi wadah bagi para UMKM yang ingin berbisnis. Misal UMKM ingin buat baju, nah BKB bisa produksi dengan harga terjangkau. Kemudian dibuatkan brand untuk baju tersebut. Artinya, pelaku UMKM bisa punya bisnis baju dan brand sendiri," ujar Chief Executive Officer BKB Ridwan Mualik, Senin (30/5/2022).
Baca juga: Nusantara Fashion Festival Lelang Karya Eksklusif dan Terbatas untuk Bantu UMKM Mode

Dia menjelaskan Busana Kreasi Bangsa merupakan sebuah start up di bidang garmen yang membantu pelaku UMKM dari hulu ke hilir. Melalui situs belanja online Busana Kreasi Bangsa (BKB) terus berkomitmen memajukan bidang UMKM di Indonesia.

Dalam waktu dekat e-commerce tersebut akan berupaya menjalin kerja sama dengan Asosiasi Tekstil Indonesia di bawah Kemenparekraf. "Situs ini hadir untuk para pelaku bisnis yang sudah mempunyai brand sendiri maupun yang sedang membangun brand baru. Hingga saat ini sudah ada 386 brand yang bergabung dengan BKB. Semuanya merupakan UMKM yang tersebar di berbagai daerah," ungkap Ridwan.

Menurut dia, kehadiran start up BKB bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin memulai usaha bidang fashion maupun ingin memperluas jangkauan pasar. "Sangat cocok untuk para entrepreneur yang ingin memperluas di bisnis fashion terbarukan," katanya.

Dia mengapresiasi pelaku UMKM yang telah memilih BKB sebagai mitra untuk memasarkan produknya. "Kualitas produk fashion lokal tak kalah dengan produk luar negeri. Bahkan, produk lokal kini makin banyak diminati orang dari luar. Seperti produk di BKB yang sudah menjangkau pasar dunia, bahkan sudah sampai di ajang Paris Fashion Week,” ujarnya.
Baca juga: Dukung Kemajuan Fashion, Perusahaan Kain Ini Bagi-bagi BLT Untuk Para Pelaku UMKM

Chief Operating Officer BKB Paula Tjahyono menambahkan pihaknya memiliki visi untuk menjadi perusahaan garmen terbaik di kelasnya yang mendukung brand lokal dan interlokal dalam mengembangkan bisnisnya.

Menurut dia, pendekatan mekanisme produksi dengan cara kerja yang efisien dengan tim ahli di bidangnya. "Semua proses produksi dikerjakan oleh para profesional yang ahli di bidangnya sehingga produk yang kami hasilkan terjamin kualitasnya," katanya.

Semua transaksi bisa dilakukan secara full online mulai dari proses pemilihan bahan dan model hingga pengiriman. "Contoh baju yang anda inginkan bisa dikirim lewat foto saja. Sampel yang sudah jadi akan kami kirimkan ke rumah anda," ucapnya.

Pihaknya bekerja profesional demi kepuasan pelanggan, salah satunya terkait waktu pengiriman yang sesuai jadwal. "Kami selalu memastikan proses pengerjaan dan proses pengiriman sesuai deadline yang sudah ditentukan kedua belah pihak," kata Paula.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2683 seconds (0.1#10.140)