Daerah dengan Jumlah Rumah Susun Terbanyak di Jakarta, Berikut Urutannya

Selasa, 02 Agustus 2022 - 14:30 WIB
loading...
Daerah dengan Jumlah Rumah Susun Terbanyak di Jakarta, Berikut Urutannya
Rumah susun tersebar di sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Foto: Ilustrasi/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Sandang, pangan, dan papan merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Papan atau tempat tinggal menjadi salah satu kebutuhan yang harus dimiliki manusia untuk bisa bertahan hidup.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok tersebut, pemerintah mengadakan berbagai upaya untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakatnya sebagai makhluk ekonomi. Rumah susun sederhana sewa ( rusunawa ) merupakan salah satu program yang disediakan pemerintah untuk membantu masyarakat menengah ke bawah dalam mengatasi permasalahan tempat tinggal.

Setiap tahun, angka kepadatan penduduk semakin bertambah, terutama di Ibu Kota. Hal ini menyebabkan berkurangnya luas lahan dan naiknya harga lahan. Untuk megatasi hal itu, Pemerintah DKI Jakarta menyediakan rusunawa sebagai solusi untuk memberikan masyarakat hunian layak tinggal.

Diketahui pada Tahun 2020, terdapat 28.766 rusunawa yang tersebar di 27 titik lokasi di berbagai wilayah DKI Jakarta, berdasarkan data Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta.

Berikut daerah di DKI Jakarta dengan jumlah rumah susun terbanyak:

1. Jakarta Timur

Dari kelima daerah di DKI Jakarta, Jakarta Timur menjadi wilayah administrasi dengan jumlah unit rusunawa terbanyak, yaitu 11.348 unit. Jakarta Timur memiliki 85 blok dengan 15 tower rusunawa yang tersebar di lima titik lokasi.

Dengan biaya sewa mulai dari Rp350 ribuan, masyarakat dapat tinggal di rusunawa tipe 30 dan 36. Di antara rusunawa yang berlokasi di Jakarta Timur adalah Rusunawa Pulo Mas, Rusunawa Cipinang Besar Utara, Rusunawa Pondok Bambu, dan Rusunawa Pulo Jahe.



2. Jakarta Utara
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3648 seconds (0.1#10.140)