Daerah dengan Jumlah Rumah Susun Terbanyak di Jakarta, Berikut Urutannya

Selasa, 02 Agustus 2022 - 14:30 WIB
loading...
Daerah dengan Jumlah Rumah Susun Terbanyak di Jakarta, Berikut Urutannya
Rumah susun tersebar di sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Foto: Ilustrasi/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Sandang, pangan, dan papan merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Papan atau tempat tinggal menjadi salah satu kebutuhan yang harus dimiliki manusia untuk bisa bertahan hidup.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok tersebut, pemerintah mengadakan berbagai upaya untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakatnya sebagai makhluk ekonomi. Rumah susun sederhana sewa ( rusunawa ) merupakan salah satu program yang disediakan pemerintah untuk membantu masyarakat menengah ke bawah dalam mengatasi permasalahan tempat tinggal. Baca juga: Pemkot Jakarta Timur Siapkan Rusun Pulogebang dan Rusun Pinus Elok untuk Isolasi Pasien Covid-19

Setiap tahun, angka kepadatan penduduk semakin bertambah, terutama di Ibu Kota. Hal ini menyebabkan berkurangnya luas lahan dan naiknya harga lahan. Untuk megatasi hal itu, Pemerintah DKI Jakarta menyediakan rusunawa sebagai solusi untuk memberikan masyarakat hunian layak tinggal.

Diketahui pada Tahun 2020, terdapat 28.766 rusunawa yang tersebar di 27 titik lokasi di berbagai wilayah DKI Jakarta, berdasarkan data Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta.

Berikut daerah di DKI Jakarta dengan jumlah rumah susun terbanyak:

1. Jakarta Timur

Dari kelima daerah di DKI Jakarta, Jakarta Timur menjadi wilayah administrasi dengan jumlah unit rusunawa terbanyak, yaitu 11.348 unit. Jakarta Timur memiliki 85 blok dengan 15 tower rusunawa yang tersebar di lima titik lokasi.

Dengan biaya sewa mulai dari Rp350 ribuan, masyarakat dapat tinggal di rusunawa tipe 30 dan 36. Di antara rusunawa yang berlokasi di Jakarta Timur adalah Rusunawa Pulo Mas, Rusunawa Cipinang Besar Utara, Rusunawa Pondok Bambu, dan Rusunawa Pulo Jahe.



2. Jakarta Utara

Tidak berbeda jauh dengan Jakarta Timur, Jakarta Utara memiliki jumlah unit rusunawa terbanyak kedua di Provinsi DKI Jakarta. Dengan 10.449 unit, Jakarta Utara memiliki 52 blok dan 21 tower yang tersebar di tujuh titik lokasi.

Rusunawa yang dapat ditemui di Jakarta Utara antara lain Rusunawa Flat Pluit, Rusunawa Penjaringan, Rusunawa Muara Angke II, Rusunawa Muara Angke III, Rusunawa Suka Pura, dan Rusunawa Kapuk Muara.

3. Jakarta Barat

Jakarta Barat menjadi nomor urut tiga dalam daftar rusunawa terbanyak di DKI Jakarta. Namun, jumlahnya sangat jauh dibandingkan jumlah rusunawa di Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Baca juga: 1.883 Pasien Corona Dirawat di Rusun Nagrak Cilincing

Jakarta Barat memiliki 4.018 unit rusunawa, dengan 18 blok dan 14 tower yang tersebar di lima titik lokasi di Jakarta Barat. Rusunawa yang dapat ditemui di Jakarta Barat antara lain Rusunawa Bulak Wadon III, Rusunawa Cengkareng, Rusunawa Cengkareng, Rusunawa Tambora I, dan Rusunawa Tambora II.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2084 seconds (10.55#12.26)