Ratusan Warga Jatinegara Kaum Ramaikan Pawai Obor di Depan Makam Pangeran Jayakarta

Jum'at, 29 Juli 2022 - 21:35 WIB
loading...
Ratusan Warga Jatinegara Kaum Ramaikan Pawai Obor di Depan Makam Pangeran Jayakarta
Tahun baru Islam yang ditetapkan jatuh pada Sabtu (30/7/2022) besok diperingati oleh warga RW 03 Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, dengan menggelar pawai obor. Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah kali ini berbeda lantaran semenjak pandemi Covid-19 warga kembali merayakan tradisi pawai obor.

Tahun baru Islam yang ditetapkan jatuh pada Sabtu (30/7/2022) besok diperingati oleh warga RW 03 Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, dengan menggelar pawai obor.

Berdasarkan pantauan MNC Portal mulai sekitar pukul 19.30 WIB, warga RW 03 yang berjumlah ratusan tersebut sudah mulai memadati sekitar Masjid Jami Assalafiyah yang notabene dekat makam Pangeran Jayakarta.



Titik lokasi yang dimulai di masjid tersebut lantaran warga RW 03 bekerja sama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) guna menyukseskan pawai obor tersebut.

"Agenda ini dihadiri total 11 RT dari RW 03 Jatinegara Kaum. Ada ratusan bahkan mendekati ribuan warga yang datang," kata Ketua Panitia Pawai Obor RW 03 Jatinegara Kaum Nurrachman Al Ghifari, di lokasi Jumat (29/7/2022) malam.



Menurut Ghifari, titik awal mula pawai obor ini dimulai dari depan pintu masuk Masjid Jami Assalafiyah Pangeran Jayakarta. Rombongan pawai yang terdiri dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa tersebut kemudian mengarah ke jalan Bekasi Raya, kemudian berputar kembali ke titik awal.

"Mereka mulai dari depan Masjid Jami Assalafiyah Pangeran Jayakarta ini kemudian berjalan kaki mengarah ke Alu - Alu, Layur, Jatinegara Kaum, dan berputar kembali ke depan masjid," terang Ghifari.

Setelah melangsungkan pawai obor, rombongan RW 03 ini nantinya akan menyudahi dengan berdoa bersama di dalam masjid.

Saat pawai obor satu Muharram tersebut berlangsung, tampak juga di sekitar lokasi petugas dari kepolisian, Satpol PP, dan Babinsa yang bertugas membantu pengamanan selama agenda pawai obor tersebut digelar.

Meski pawai obor tersebut berjalan lancar. Rombongan pawai sempat memblokade satu jalur jalan sehingga lalu lintas sempat tersendat.

Namun, petugas kepolisian membantu pengaturan lalu lintas sehingga dalam beberapa saat jalur jalan diterapkan contra flow untuk melancarkan arus lalu lintas.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)