Peringati 5 Tahun Masa Bakti, Alumni Akpol 2017 Tanam 5.000 Mangrove di Pulau Tidung

Senin, 25 Juli 2022 - 23:08 WIB
loading...
Peringati 5 Tahun Masa Bakti, Alumni Akpol 2017 Tanam 5.000 Mangrove di Pulau Tidung
Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 2017 Detasemen Hastadharana melakukan penanaman sebanyak 5.000 bibit pohon mangrove di Pulau Tidung Besar, Kepulauan Seribu.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 2017 Detasemen Hastadharana melakukan penanaman sebanyak 5.000 bibit pohon mangrove di Pulau Tidung Besar, Kepulauan Seribu. Aksi bervisi lingkungan tersebut sekaligus untuk memperingati lima tahun masa bakti Alumni Akpol 2017 dan mendukung salah satu program G20 bidang lingkungan.

Penanaman sebanyak 5.000 bibit pohon mangrove ini dilakukan di Pesisir Selatan Balai Benih Ikan Laut, Pulau Tidung Besar. Pemilihan Pesisir Selatan karena kawasan tersebut membutuhkan penghijauan.

Selain di Jakarta, aksi peduli lingkungan penanaman Mangrove juga dilakukan secara serentak oleh Alumni Akademi Kepolisian Angkatan 2017 di Jambi, Riau, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan Tengah.

Penggagas kegiatan dan sekaligus Ketua Paguyuban Alumni Akademi Kepolisian Angkatan 2017, Pinilih Waluyo Jati mengatakan, alasannya menanam pohon mangrove karena banyak sekali manfaatnya.

"Pohon mangrove efektif menjadi benteng atau pemecah ombak dari kemungkinan tsunami,” kata Pinilih Waluyo Jati pada Senin (25/7/2022).
Sedangkan dari sisi biologi, ekosistem pohon mangrove menjadi tempat tumbuhnya ribuan jenis makhluk hidup seperti ikan, udang, burung, serangga, dan mamalia.
“Kalau dari sisi ekonomi, manfaat langsungnya juga ada. Ada bagian tertentu dari pohon mangrove bisa diolah menjadi sirup, gula, bahan untuk membatik,” ujarnya.

Sementara secara keseluruhan untuk kehidupan bumi, mangrove berperan mencegah terjadinya perubahan iklim. Keberadaan mangrove akan menyerap karbondioksida sehingga mencegah efek gas rumah kaca.

Di sisi lain, mangrove memproduksi oksigen yang bermanfaat sebagai senyawa untuk bernapas makhluk hidup termasuk manusia. Pinilih menyatakan rasa syukurnya acara para alumni Akpol 2017 berlangsung lancar.

“Semoga mangrove ini bisa bermanfaat bagi lingkungan, mencegah perubahan iklim,” ucap Pinilih. Acara penanaman mangrove berkolaborasi dengan Komunitas Mangrove Jakarta dan Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta (Pusat Budidaya dan Konservasi Laut).

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)