Bosan Beraktivitas di Rumah, Bersepeda Jadi Hobi Baru saat Pandemi

Sabtu, 27 Juni 2020 - 11:03 WIB
loading...
A A A
Para pengelola jasa transportasi harus melihat ini sebagai pasar karena banyak orang yang ingin berwisata dengan bersepeda. Karena itu, layanan untuk para pesepeda ini bisa disediakan.

Sementara untuk sepeda unik yang kini digemari adalah sepeda mini. Bentuknya persis sepeda sewaktu kecil, namun kuat untuk dinaiki orang dewasa. (Baca juga: Pandemi dan Hilangnya Dahaga The Reds)

Iman hanya berpesan kepada para pesepeda baru untuk menaati kelengkapan bersepeda yang sudah diatur oleh UU Lalu Lintas. Pengendara sepeda wajib menggunakan perangkat keamanan untuk bersepeda.

Anggota komunitas sepeda biasanya lebih taat untuk masalah keamanan nomor, sebab mereka diharapkan menjadi contoh bagi yang lain.

"Sepeda sering dianggap aktivitas santai, padahal sama saja dengan kegiatan tranportasi lainnya. Dibutuhkan pengamanan yang sesuai," ungkapnya.

Perlengkapan yang harus ada adalah helm, sarung tangan, dan masker. Sementara untuk pelindung dengkul atau siku hanya sebagai pilihan. Iman menjelaskan, bukan hanya saat pandemi, pesepeda perlu menggunakan masker untuk menyaring udara yang masuk, agar polusi tidak terhirup langsung.

Pesepeda baru yang kini sedang senang-senangnya gowes yakni Inu Triwibowo, 41, warga Bogor. Sejak bekerja di rumah tiga bulan lalu, dia merasa banyak waktu luang dan ingin mencari aktivitas baru.

"Alternatif olahraga selain panahan, saya coba kembali lagi bersepeda. Dulu sempat suka, karena banyak yang mengajak, akhirnya kembali lagi dengan hobi dulu," ujar Inu.

Dia membeli sepeda jenis MTB dengan harga Rp1 jutaan. Tidak cukup hanya sepeda, bapak tiga anak ini merasa harus mengenakan outfit khusus bersepeda agar tetap nyaman selama gowes. "Aksesori jangan lupa, untuk keamanan juga seperti helm. Harganya tidak perlu mahal, yang biasa saja yang penting fungsinya," ucapnya. (Baca juga: Pakai ondosm, Kualitas Bercinta Tidak Akan Berkurang)

Kini, tiga hari sekali saat hari kerja, ditambah akhir pekan, Inu bersepeda hingga 25 km. Keliling Bogor sesekali mencoba ke arah pegunungan di pinggiran Kota Hujan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)