Sungai Cileungsi Siaga 1, Sejumlah Daerah Ini Diimbau Waspada Banjir

Jum'at, 15 Juli 2022 - 23:42 WIB
loading...
Sungai Cileungsi Siaga 1, Sejumlah Daerah Ini Diimbau Waspada Banjir
Ketinggian air di aliran hulu Sungai Cileungsi, Kabupaten Bogor terpantau naik mencapai status siaga 1. Beberapa daerah yang dilalui sungai tersebut diminta mewaspadai bencana banjir. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BOGOR - Ketinggian air di aliran hulu Sungai Cileungsi , Kabupaten Bogor terpantau naik mencapai status siaga 1. Beberapa daerah yang dilalui sungai tersebut diminta mewaspadai bencana banjir.

Berdasarkan data dari Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), kenaikan tersebut terjadi secara bertahap. Ketinggian air di hulu Sungai Cileungsi mencapai puncaknya yakni 420 sentimeter sekitar pukul 20.50 WIB atau status siaga 1.

"Sehubungan dengan kenaikan TMA Cileungsi (hulu Sungai Cileungsi), maka berpotensi banjir untuk di wilayah yang dilaluinya," kata Ketua KP2C Puarman dalam keterangannya, Jumat (15/7/2022).





Adapun wilayah berpotensi banjir dampak kenaikan hulu Sungai Cileungsi dan Kali Bekasi yakni Vila Nusa Indah 1, Vila Nusa Indah 2 dan Bumi Mutiara. Kemudian, untuk di wilayah Bekasi yaitu Pangkalan 1A, Vila Jatirasa, Kemang Ifi Graha, Komplek AL, Jatihasih Insah (PPA), Pondok Mitra Lestari, Jaka Kencana, Depnaker, Pekayon Jaya, Taman Kartini, Bebelan, Teluk Pucung, dan Muara Gembong.

"Perkiraan jam 23.30 WIB air akan sampai di P2C (Pertemuan Sungai Cileungsi-Cikeas)," tambahnya.

Karena itu, masyarakat diminta untuk mewaspadai kondisi ini. Masyarakat diminta untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan evakuasi mandiri dengan menaikkan barang-barang, memindahkan kendaraan, dan mengungsi ke tempat aman.

"Tidak perlu panik, lakukan dengan tenang sambil memantau pergerakan TMA," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)