Ribuan Jamaah Sholat Idul Adha Padati Masjid Istiqlal

Minggu, 10 Juli 2022 - 06:55 WIB
loading...
Ribuan Jamaah Sholat Idul Adha Padati Masjid Istiqlal
Ribuan jamaah sholat Idul Adha 1443 Hijriah mulai berdatangan memadati kawasan Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (10/7/2022). Foto/MPI/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Ribuan jamaah sholat Idul Adha 1443 Hijriah mulai berdatangan memadati kawasan Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (10/7/2022). Mereka yang datang didominasi oleh kelompok keluarga, tidak sedikit juga yang terlihat membawa anak.

Berdasarkan pantauan MNC Portal di lapangan, sekitar pukul 06.20 WIB, terlihat beberapa penjagaan dari pihak TNI dan Polri juga dilakukan di depan Halte Istiqlal Jakarta. Ada yang bertugas untuk mengarahkan jamaah agar tidak menumpuk di satu titik. Ada juga yang mengatur lalu lintas.

Banyak juga pedagang kaki lima yang memadati sekitaran Masjid Istiqlal, mulai dari penjual mi ayam, ketupat sayur, hingga minuman dingin pun ada. Tidak hanya itu, terlihat juga penjual peci, jam tangan, dan kacamata.





Untuk diketahui, Masjid Istiqlal Jakarta menggelar sholat Idul Adha 1443 Hijriyah pada pukul 07.00 WIB, Minggu, 10 Juli 2022. Namun, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar mengimbau masyarakat dapat datang lebih awal agar mempermudah jamaah dalam melaksanakan sholat Idul Adha.

"Mau sholat Id di Istiqlal datang lebih awal supaya nanti lebih bagus, parkirnya lebih bagus pahalanya juga lebih bagus," kata Nasaruddin dalam keterangan persnya yang dikutip Minggu (10/7/2022).

Nasaruddin mengatakan, sholat Idul Adha di Istiqlal pada 10 Juli 2022 sesuai dengan keputusan pemerintah. Ia juga menyebut, tak masalah terkait perbedaan waktu dengan Arab Saudi mengenai waktu sholat Idul Adha.

"Ada tempat-tempat di mana sudah terlihat bulan dan ada yang belum. Shumu li ru'yatihi wafthiru liru'yati berpuasalah pada saat anda melihat bulan, bukan berpuasalah pada saat Anda melihat orang Arab Saudi berpuasa. Jadi yang menentukan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha itu adalah posisi bulannya ada di mana," kata Nasaruddin.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3503 seconds (0.1#10.140)