Gemas! Emak-emak Cubit Pipi Anies di Kamal Muara

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:00 WIB
loading...
Gemas! Emak-emak Cubit Pipi Anies di Kamal Muara
Potret seorang ibu yang gemas mencubit pipi Anies di Kamal Muara, Penjariangan, Jakarta Utara. Foto/Tangkapan Layar/IG @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi pusat perhatian warga Kamal Muara, Jakarta Utara. Tak terkecuali emak-emak yang terlihat sangat antusias menyambut kehadiran orang nomor satu di Jakarta itu.

Melalui unggahan Instagram, Anies membagikan momen kunjungannya tersebut. Dalam foto pertama, tampak seorang ibu yang gemas mencubit pipi Anies. Mantan Mendikbud itu pun tertawa lebar.

Anies mengatakan, air bersih adalah hak dasar bagi warga. Sehingga, Ia mensyukuri acara hajatan ke-100 hari usai Ia bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berhasil menyalurkan air bersih setelah sebelumnya sempat menjadi polemik warga sekitar.

”Alhamdulillah pagi ini kita hajatan di RW 01 Kelurahan Kamal Muara, mensyukuri 100 hari masuknya pipa air bersih di kawasan ini. Selama puluhan tahun warga harus membeli air di jeriken atau menadah air hujan,” ujar Anies dalam akun Instagram @aniesbaswedan, Kamis (30/6/2022).

Anies menuturkan, dengan adanya penyaluran air, warga Kamal Muara dapat menyisihkan uang tabungannya. Pasalnya, warga setempat perlu merogoh kocek hingga ratusan ribu perbulan untuk membeli air sebelum adanya penyaluran air bersih.

Menurut perhitungan PAM Jaya, sebelumnya warga Kamal Muara harus belanja air harian atau mingguan. Dengan total pengeluaran per bulannya Rp800 ribu-Rp 1 juta. Setelah ada pipa air bersih, kini warga hanya bayar Rp50 ribu sampai Rp80 ribu per bulan.

Gemas! Emak-emak Cubit Pipi Anies di Kamal Muara


Menurut Anies, hal itu menjadi penghematan yang luar biasa. Biaya yang tadinya habis untuk belanja air bisa turun 95%. Artinya, ucap Anies, pendapatan mereka bisa dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan lain.

Bisa untuk pendidikan anak, perbaikan rumah serta kegiatan lainnya.”Pembangunan akses air perpipaan ini merupakan komitmen kami dalam pemerataan keadilan sosial dan mengurangi penurunan muka tanah serta kerusakan lingkungan di Jakarta,” jelasnya.

Anies mencatat, saat ini sudah ada 11 RT di RW 01 Kelurahan Kamal Muara yang telah menikmati akses air perpipaan. Yakni RT 01, 02, 03, 04, 05, 06, 08, 09, 10, 11 dan 12.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2254 seconds (0.1#10.140)