Ini 4 Polwan yang Memiliki Jabatan Penting di Mabes Polri, 2 Diantaranya Berpangkat Brigjen

Jum'at, 24 Juni 2022 - 16:40 WIB
loading...
Ini 4 Polwan yang Memiliki Jabatan Penting di Mabes Polri, 2 Diantaranya Berpangkat Brigjen
Polwan atau polisi wanita biasanya dianggap sebagai pribadi yang tomboi, tegas dan garang. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polwan atau polisi wanita biasanya dianggap sebagai pribadi yang tomboi, tegas dan garang. Namun, keberadaannya kerap menarik perhatian. Apalagi, belakangan ini banyak bermunculan sosok polwan cantik yang tampil mempesona.

Menjadi seorang polwan bukan berarti tidak bisa menempati kursi penting di jajaran kepolisian Indonesia. Buktinya, dari pelantikan 28 kapolsek di lingkungan hukum Polda Metro Jaya , delapan dinataranya adalah Polwan.

Baca juga : Wujudkan Kesetaraan Gender, Kapolri Siapkan Jabatan Irjen untuk Polwan

Selain itu, ada beberapa Polwan yang juga menempati jabatan penting di intansi Polri. Berikut empat Polwan yang memiliki jabatan penting di Mabes Polri seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Brigjen Pol (purn) Jeane Mandagi (Kepala Divisi Humas Polri)

Brigjen Pol (purn) Jeane Mandagi merupakan Polwan pertama di Indonesia yang naik pangkat menjadi jenderal. Dia mengawali karirnya sebagai polisi pada 1 Desember 1965 dan sukses menjabat sebagai Kasi Hukum Polda Maluku.

Perempuan kelahiran Manado, 2 April 1937 ini kemudian dipindahkan ke Jakarta untuk menjadi Kepala Seksi Pembinaan Anak-anak, Pemuda dan Wanita (Kasi Binapta) Polda Metro Jaya dan Hakim Mahkamah Militer Jakarta-Banten di tahun 1970 silam.

Tak hanya itu, Jeane juga menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Polri pada di tahun 1989. Dua tahun berselang, pada tahun 1991, Jeanne Mandagi akhirnya mendapatkan kenaikan pangkat sebagai perwira tinggi yaitu brigadir jenderal bintang satu (Brigjen).

2. Brigjen Pol. Apriastini Bakti Bugiansri (Pelayan Markas Polri)

Brigjen Pol. Apriastini Bakti Bugiansri adalah seorang Purnawirawan Polri yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Sejarah Polri. Sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)