IJTI Jakarta Raya Gelar Lomba Video Kreatif, Ini Daftar Pemenangnya

Selasa, 21 Juni 2022 - 16:53 WIB
loading...
IJTI Jakarta Raya Gelar Lomba Video Kreatif, Ini Daftar Pemenangnya
Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jakarta Raya menggelar Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik Tahun 2022. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Aktivitas pariwisata DKI Jakarta kembali berdenyut seiring terkendalinya kasus Covid-19 dan pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat yang diikuti dengan penurunan level PPKM di Jawa-Bali. Masyarakat juga semakin percaya diri untuk berwisata karena melihat kesungguhan dan kepatuhan pengelola lokasi pariwisata menerapkan protokol kesehatan dan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability).

Di sisi lain, kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan ikut membantu percepatan pemulihan kunjungan wisata. Tak heran, sebagian besar masyarakat sudah berani menghabiskan waktu liburnya dengan mengunjungi lokasi-lokasi wisata bersama keluarga tercinta terutama pada hari libur nasional maupun hari libur keagamaan.
Baca juga: Sebarkan Optimisme saat Pandemi, IJTI Jakarta Raya Gelar Lomba Video Bangkit Wisata Jakarta

Hal inilah yang terekam dan terlihat dalam hasil karya Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik Tahun 2022 yang diselenggarakan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jakarta Raya. Mayoritas karya video yang dikirimkan peserta menampilkan optimisme kebangkitan pariwisata di Jakarta dari dampak pandemi Covid-19. Semangat mengunjungi lokasi wisata dibarengi dengan kedisiplinan masyarakat maupun pengelola wisata terhadap penerapan protokol kesehatan.

Ketua Panitia Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik Tahun 2022 Ferdi Setiawan mengatakan, tujuan diselenggarakan lomba untuk menjaga semangat berwisata di tengah pandemi sekaligus mengingatkan bahwa protokol kesehatan harus tetap tegak dilaksanakan di lokasi wisata.

Karena itu, tema lomba adalah “Bangkit Wisata Jakarta” dengan 3 kategori peserta yaitu pelajar SMA/SMK/MA, mahasiswa, dan jurnalis TV. Ferdi yang juga menjabat Ketua Bidang Konvergensi New Media IJTI Jakarta Raya berharap kegiatan ini bisa diselenggarakan lagi tahun depan.

"Besar harapan kami, lomba video kreatif dan anugerah jurnalistik bisa menjadi agenda rutin tahunan dalam setiap rangkaian Peringatan dan Perayaan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta" ucapnya.

Ketua IJTI Jakarta Raya Feby Budi Prasetyo mengungkapkan jurnalis ikut bertanggung jawab mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan saat berwisata.

“Konten video merupakan salah satu sarana yang tepat untuk mengajak semua pihak dan menularkan optimisme menghadapi pandami. Sebab, pandemi belum berakhir namun pariwisata harus bangkit dan bergerak kembali dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujar Feby.

Dalam melaksanakan kegiatan, Panitia Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik Tahun 2022 berkolaborasi dengan berbagai pihak di antaranya Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, serta sejumlah perusahaan swasta maupun BUMD.

Selama perlombaan yang berlangsung sejak 1 Februari – 31 Mei 2022, panitia telah menerima 40 karya video kreatif dari tiga kategori peserta lomba yaitu pelajar SMA/SMK/MA, mahasiswa, dan jurnalis TV.
Baca juga: IJTI Dorong Penerbitan Publisher Rights yang Sejalan dengan Kemerdekaan Pers
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2389 seconds (0.1#10.140)