2 Tahun Ditutup, Begini Penampakan Kawasan Monas Setelah Dibuka

Minggu, 19 Juni 2022 - 13:00 WIB
loading...
2 Tahun Ditutup, Begini Penampakan Kawasan Monas Setelah Dibuka
Kawasan wisata Monumen Nasional (Monas) kembali dibuka setelah dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19. Foto/MPI/Rizky Syahrial
A A A
JAKARTA - Kawasan wisata Monumen Nasional (Monas) kembali dibuka setelah dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19. Kembali dibukanya Monas untuk umum, menjadi perhatian masyarakat khususnya warga DKI Jakarta dan sekitarnya.

Pantauan SINDOnews pada Minggu (19/6/2022), pengunjung yang rata-rata berkeluarga mulai berdatangan sejak pagi hari. Sebelum masuk ke kawasan Monas, pengunjung terlebih dahulu harus menunjukkan sertifikat vaksinasi.

Kemudian melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk ke monumen bersejarah ini. Terlihat juga Petugas Pamdal UPK Monas yang mengarahkan petunjuk masuk kepada masyarakat sebelum masuk ke kawasan ini.



Masyarakat terlihat antusias setelah dibukanya kawasan Monas pada Kamis (16/6/2022) lalu. Salah satunya Runi (44) warga Jakarta Selatan yang datang bersama keluarga merasa senang dibukanya kawasan Monas.

Ia mengaku selama pandemi Covid-19 ditutup, pengunjung hanya bisa berada di area parkir saja untuk menikmati pemandangan di Monas. Baca juga: Antusias Berolahraga, Warga Berharap Monas Kembali Dibuka

”Sebenernya udah lama mau kesini, cuma terakhir pandemi Covid-19, kita nggak bisa masuk ke sini, cuman bisa melalui area parkir saja. Kebetulan bisa masuk, walaupun gak harus masuk ke dalam gak apa-apa,” kata Runi kepada wartawan Minggu (19/6/2022).

Pengunjung Monas lainnya yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah, Eva (17) dan Tri Utami (17) mengatakan, ia dan temannya mengaku senang bisa berkunjung ke kawasan ikonik di Jakarta ini. Ia mengaku kawasan ini sudah ramai setelah pandemi Covid-19 berakhir. Baca juga: Hari Kedua Dibuka untuk Umum, Monas Diserbu Pengunjung

Eva juga mengaku baru pertama kali melihat Monas karena baru delapan bulan bekerja di Jakarta. Ia memilih mengunjungi kawasan ini karena penasaran bagaimana keadaan Monas saat ini. ”Penasaran juga sih, karena kita baru pertama kali ke sini,” tambahnya.

Adapun tata cara masuk Kawasan Monas yakni:

1. Pintu masuk kawasan wisata Monas hanya melalui Lenggang Jakarta/IRTI Monas
2. Menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau JAKI untuk masuk kawasan Monas
3. Wajib vaksin dosis ketiga atau booster, bagi yang belum bisa mendapatkan vaksinasi di booth vaksin.
4. Patuhi protokol kesehatan.
5. Tugu Monas masih ditutup.
6. Kawasan wisata Monas dibuka mulai pukul 06.00 WIB sampai 16.00 WIB
7. Monas ditutup pada hari Senin untuk perawatan.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1636 seconds (10.177#12.26)