Mengenal Silat Cimande Bogor, Tempat Lahirnya Para Jawara di Bumi Nusantara

Minggu, 19 Juni 2022 - 09:32 WIB
loading...
Mengenal Silat Cimande Bogor, Tempat Lahirnya Para Jawara di Bumi Nusantara
Anggota Keluarga Besar Cimande Saiful Alam Elbarnaz dan H Ridwan. Foto/Istimewa
A A A
BOGOR - Nusantara yang dahulu terdiri dari beberapa kerajaan mewarisi pencak silat sebagai ilmu bela diri. Silat Cimande atau Aliran Cimande. Di Desa Cimande, Kabupaten Bogor terkenal wilayah dengan pencak silatnya, mampu menarik perhatian masyarakat pada umumnya.

Aliran ini menjadi salah satu acuan terpenting bagi perguruan-perguruan pencak silat, terutama pencak silat Tatar Pasundan. Secara garis besar, Cimande memiliki sejumlah jurus dengan basis gerakan pertahanan diri dari pelbagai serangan dan tidak bersifat menyerang.

Tentu saja, pencak silat Cimande ini adalah seni budaya yang telah diwariskan oleh para pendahulu Cimande. Jurus yang melegenda yang melahirkan banyak pendekar tangguh.Pencak Silat Cimande masih memprioritaskan tradisi dan merupakan yang tertua di Jawa Barat. Baca juga: Kisah Kesaktian Prabu Siliwangi Mengalahkan Macan Putih

Salah satu anggota keluarga besar Cimande Saiful Alam Elbarnaz mengatakan, pada hakekatnya aliran pencak silat Cimande yang mengandalkan tangan kosong untuk membela diri. Dalam arti, gerakan yang dilakukan pesilat menjadi gerakan yang memaksimalkan anggota tubuh manusia sebagai anugerah Tuhan dan melatih kecekatan dan kecepatan.

”Selain membentuk kekuatan fisik, Silat Cimande juga membentuk kekuatan batin dengan meningkatkan rasa kepercayaan diri dan menimbulkan kerendahan hati. Itu arti dari Silat Cimande,” kata Saiful kepada SINDOnews, Minggu (19/6/2022).

Mengenal Silat Cimande Bogor, Tempat Lahirnya Para Jawara di Bumi Nusantara

Foto: Anggota Keluarga Besar Cimande Saiful Alam Elbarnaz

Pria yang akrab disapa Ifunk ini mengungkapkan, bahwa ada juga jurus atau gerakan yang menggunakan bambu sebagai media untuk melatih kecekatan dan kecepatan, itu lebih dimaksudkan sebagai upaya memaksimalkan potensi tubuh manusia.

Sebenarnya, kata dia, makna yang terkandung dalam ilmu silat Cimande adalah penjabaran dari sebuah filosofi yang menuturkan bahwa di atas langit masih ada lagi langit lain yang lebih tinggi. Di atas puncak gunung, ada puncak gunung yang lebih tinggi.

”Sehebat apapun manusia, pasti ada manusia lain yang lebih hebat dan kuat. Dengan dasar filosofi itulah ajaran silat Cimande menuntun seseorang menjauhkan diri dari sifat kesombongan,” ungkapnya.

Sementara ada tradisi keluarga yang membedakan pencak silat Cimande dan pencak silat lainnya. Anak-anak di desa Cimande dan sekitarnya dilahirkan untuk wajib mengikuti Pencak Silat Cimande. Tidak mudah jika anak-anak ini ingin belajar Pencak Silat di Cimande.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1752 seconds (10.101#12.26)