5 Sungai Terpanjang di Jakarta dan Sekitarnya, Nomor Terakhir Sampai 120 Kilometer

Kamis, 09 Juni 2022 - 20:02 WIB
loading...
5 Sungai Terpanjang di Jakarta dan Sekitarnya, Nomor Terakhir Sampai 120 Kilometer
Sedikitnya ada lima sungai terpanjang di Jakarta dan sekitarnya. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima sungai terpanjang di Jakarta dan sekitarnya. Jakarta sendiri dilintasi 13 sungai yang kini masuk dalam program pengerukan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane ( BBWSC ) untuk mengatasi banjir.

Sungai di daerah Jakarta dan sekitarnya ini telah lama menjadi penopang kehidupan masyarakat. Namun juga menjadi penyebab banjir lantaran mengalami pendangkalan dan penyempitan akibat hunian warga.
Baca juga : Wagub DKI Pamer 3 Sungai Berkonsep Naturalisasi di Jakarta

Berikut lima sungai terpanjang di Jakarta dan sekitarnya seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Cakung

Sungai ini mengalir di Kota Bekasi, Jawa Barat, dan bagian timur Jakarta. Untuk bagian hilir sungai menampung banjir kanal timur yang meneruskan hingga bermuara di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Sungai ini memiliki lebar sekitar 18 km dengan luas area 181.000 meter persegi, panjang sungai ini sendiri mencapai 39,59 km. Aliran sungai ini biasa digunakan untuk usaha perkotaan dan urban bisnis.

2. Kali Cipinang

Kali Cipinang merupakan sebuah sungai yang bermuara di Kali Sunter, di dekat Jalan I Gusti Ngurah Rai dan Jalan Cipinang Muara Ilir, Jakarta, tetapi di tengah terpotong pada permulaan Banjir Kanal Timur, di dekat Jalan Cipinang Besar Selatan dan Jalan IPN, Jakarta.

Sungai ini memiliki panjang 37,68 km dengan lebar sekitar 9 km dan luas area 72480 meter persegi.

3. Kali Pesanggrahan
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1866 seconds (10.55#12.26)