5 Sungai Terpanjang di Jakarta dan Sekitarnya, Nomor Terakhir Sampai 120 Kilometer

Kamis, 09 Juni 2022 - 20:02 WIB
loading...
A A A
Sungai ini mengalir dari Kabupaten Bogor, melintasi Kota Depok, jakarta Selatan, hingga akhirnya ke Tangerang, Banten. Hulu sungai ini berada di Kecamatan Tanah Sareal. melewati Bojonggede, Sawangan, Limo, Kebayoran Lama, Pesanggrahan, Kembangan, Kebon Jeruk, hingga ke Cengkareng.

Kali Pesanggrahan mengalir sepanjang 66,7 km dengan lebar 11 km dan memiliki luas area 142500 meter persegi.Pada masa pendudukan VOC, sampai dengan sekitar tahun 1720 Kali Pesanggrahan masih dapat dilayari hingga jauh ke pedalaman.
Baca juga : Kerap Dilanda Banjir, Tahun Depan Normalisasi Kali Pesanggrahan Dimulai

4. Kali Angke

Sungai ini berhulu di Kelurahan Menteng dan Cilendek Timur di Kota Bogor, Jawa Barat. Wilayah yang dilewati sungai ini Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan bermuara di Jakarta Barat di wilayah Muara Angke.

Kali Angke ini dikenal tidak pernah kering ketika musim kemarau. Panjang sungai ini tercatat 91,25 km dengan lebar 4,3 km dan luas area 175375 meter persegi.

5. Ciliwung

Panjang aliran utama sungai ini hampir mencapai 120 km dengan tangkapan air seluas 387 km persegi. Wilayah yang dilalui sungai ini adalah Bogor, Depok dan Jakarta.

Bagian hilir sungai ini relatif lebar, bagian ini dulunya sering dilalui perahu dagang. Sementara bagian hulunya berada di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, atau tepatnya di Gunung Gede, Gunung Pangrango dan daerah Puncak.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)