Usai Formula E Jakarta, PAN Dorong Program Keberlanjutan Lingkungan

Senin, 06 Juni 2022 - 12:19 WIB
loading...
Usai Formula E Jakarta, PAN Dorong Program Keberlanjutan Lingkungan
Adu balap Formula E Jakarta di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
A A A
JAKARTA - Ajang balapan Formula E di Jakarta sukses di gelar Sabtu (4/6/2022) mendapat respon positif banyak pihak. Presiden Jokowi menilai ajang balap ini sebagai ajang balap masa depan.

Jubir Muda Partai Amanat Nasional Dimas Prakoso Akbar membuka alasan mengapa PAN mendukung sejak awal direncanakan.

”Kami mendukung penuh event ini, karena sesuai concern PAN terhadap isu lingkungan, apalagi kota metropolis seperti Jakarta diharapkan percontohan sebagai kota menuju rendah atau bebas emisi. Masa ajang balapan ramah lingkungan engga kita dukung?,” ujar Dimas, Senin (6/6/2022).

Dimas pun merespon kritik-kritik yang menganggap Formula E tidak se-populer Formula 1. Sebab, ajang balapan ini masih baru jika dibangdikan F1 yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1950.

”Ingat, ini adalah ajang balapan yang menjadi terobosan dalam mengkampanyekan kelestarian lingkungan hidup. Hal ini terbukti dari emisi karbon yang dikeluarkan berbeda signifikan dengan F1. Pak Jokowi saja mengakui ini tontonan masa depan,” tambah Dimas.

Dari data yang di dapat tentang F1 pada kompetisi tahun 2019, total emisi karbon yang dihasilkan mencapai 256 ribu ton selama 1 musim sedangkan Formula E menghasilkan 45 ribu ton selama 1 musim.

”Tentunya balapan formula E sangat ramah lingkungan karena menggunakan kendaraan berbasis listrik, kemudian segala proses dan aktivitas dimulai dari pra balapan hingga selesai juga dilakukan dengan cara-cara yang ramah lingkungan dan berkesinambungan,” jelasnya.

Dimas juga menyampaikan, instruksi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan "Birukan Tribun" bukan wujud mobilisasi kader maupun simpatisan PAN. Birukan tribun memiliki makna bahwa ajang Formula E yang didominasi warna biru dalam penggunaan simbol maupun logo.

Yang mana merupakan bentuk kampanye udara bersih, bebas emisi, serta bebas dari polusi yang berbahaya bagi lingkungan dimana PAN sangat concern terhadap hal tersebut.

”Formula E Jakarta tahun 2022 telah usai kini saatnya kita dorong program-program keberlanjutan lingkungan hidup yang melibatkan unsur Pentahelix (akademisi, pengusaha, komunitas, pemerintah, dan media),” tutup Dimas.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)