Sempat Terkendala, Pembebasan Lahan Ruas Jalan Cikarang Cibarusah Rampung

Rabu, 25 Mei 2022 - 10:52 WIB
loading...
Sempat Terkendala, Pembebasan Lahan Ruas Jalan Cikarang Cibarusah Rampung
Pembebasan lahan di ruas Cikarang Cibarusah dipastikan rampung 100 persen. Foto/Dok SINDOnews
A A A
BEKASI - Proses pembebasan lahan di ruas Jalan Cikarang- Cibarusah yang akan dilebarkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, selesai dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Selanjutnya, kemacetan parah diruas jalan tersebut akan teratasi dalam waktu dekat ini.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir mengatakan, pengerjaan ruas jalan Provinsi tersebut dijadwalkan akan segera dikerjakan pada tahun 2022 ini.

“Untuk tahapan pembebasan lahan, sekarang sudah selesai. Jadi dalam penyelesaiannya, ada beberapa yang kita koordinasikan dengan pengadilan. Karena, alasannya yang bersangkutan ada di luar negeri,” ujar Nur Chaidir, Rabu (25/5/2022).

Sebelumnya, kata dia, pada tahapan pembebasan lahan sempat terkendala, karena ada beberapa lahan yang pemiliknya berada di luar negeri, dan ada beberapa lainnya berkaitan dengan tanah wakaf. Baca juga: Pemprov Jabar Kucurkan Pelebaran Jalan Cikarang-Cibarusah Rp40 Miliar

Namun, dengan semua tahapan pembebasan yang dilakukan pemerintah, kaitan rencana pelebaran Jalan Provinsi bisa berjalan baik. ”Sekarang sudah selesai. Yang tidak bisa hadir jadi kita titipkan ke pengadilan. Jadi, sudah tidak ada masalah,” katanya.

Dia mengatakan, pelaksanaan pengerjaan akan dilakukan dalam waktu dekat. Tahapan Koordinasi dengan Provinsi Jawa Barat sudah dilakukan, dan dalam proses pengerjaan sudah kontrak, dikerjakan di tahun 2022.



“Mungkin dalam waktu dekat akan mulai dikerjakan karena sudah ada kontrak. Untuk mengerjakan itu di tahun ini. Dalam waktu dekat akan ada Grand opening, dimulainya pengerjaan,” tegasnya. Baca juga: Pj Bupati Bekasi Sebut Jalan Cikarang Cibarusah-Delta Silicon 8 Mirip di Korea

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menambahkan, pembangunan ruas Jalan Cikarang Cibarusah masuk skal prioritas ditahun ini.”Karena sudah rampung dibebaskan, ya nanti dari Pemprov Jabar yang akan membangunnya,” katanya.

Menurut dia, jika ruas jalan tersebut sudah dilebarkan dan diperbaiki, maka kemacetan parah yang terjadi akan bisa diatasi tahap demi tahap.”Besok (Kamis) saya akan langsung tinjau ke lokasi, dan berdialog dengan masyarakat setempat,” tandasnya.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1346 seconds (10.177#12.26)