Hari Pertama Car Free Day, Pesepeda Banjiri Jalan Sudirman-Thamrin

Minggu, 22 Mei 2022 - 08:22 WIB
loading...
Hari Pertama Car Free Day, Pesepeda Banjiri Jalan Sudirman-Thamrin
Asep pesepeda yang kerap beraktivitas di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Foto: MNC Portal/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau dikenal dengan Car Free Day ( CFD ), Minggu (22/5/2022) pagi ini. Salah satunya, di sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin .

Dalam pantauan MNC Portal di lokasi, tepat pada pukul 07.20 WIB masyarakat yang hendak melakukan aktivitas olahraga tampak membanjiri kawasan tersebut. Terlihat, para sepeda tak mau kalah turut bergerombol memadati pintu masuk kawasan CFD. Baca juga: Hari Ini CFD Kembali Dibuka, Simak Pengalihan Arus Lalu Lintas di Jakarta

Di area pintu masuk tepat beberapa meter setelah kawasan Patung Kuda, masyarakat yang hendak olahraga turut mengantri guna melakukan scan barcode PeduliLindungi sebagai syarat utama melakukan kegiatan CFD di kawasan Sudirman-Thamrin.

Terlihat, beberapa dari mereka turut berolahraga bersama sanak keluarga. Ada yang datang dengan menggandeng pasangannya, ada pula yang datang dengan menggandeng sepedanya. Mereka, turut sumringah dengan kembali digelarnya CFD di Jakarta. Meski, beberapa orang yang melintas tampak datang dengan wajah mengantuk.

"Alhamdulillah setelah sekian lama vakum akhirnya dibuka kembali, ya. Semoga saja dengan kembali dibuknya ini akan seterusnya," ujar Asep pesepeda yang kerap beraktivitas di kawasan Sudirman-Thamrin kepada MNC Portal, Minggu (22/5/2022).

Lebih lanjut, salah seorang pesepada lain, Firliana (24) mengaku, turut senang dengan dibuka kembalinya Car Free Day. Karena, menurutnya, banyak masyarakat Jakarta Pusat, yang malas melalukan aktivitas olahraga selain di kawasan Sudirman-Thamrin.



"Bagus ya, soalnya banyak orang-orang yang berolahraga di sini. Soalnya terkadang masyarakat gak mau atau gak bisa olahraga selain di sini. Tempatnya juga nyaman bersih," ucap Firliana.

Hingga kini, masyarakat tak henti-hentinya memadati kawasan Sudirman-Thamrin. Terlihat, pegawai Dishub hingga anggota kepolisian turut berjaga mengawal aktivitas tersebut. Meski demikian, mobis bus Transjakarta kerap melintas di kawasan tersebut.

Sebelumnya, Pemprov DKIJakarta kembali melakukan uji coba terbatas Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atauCar Free Day (CFD). Pelaksanaan CFD ini akan digelar di enam titik pada Minggu, 22 Mei 2022 mulai pukul06.00–10.00WIB.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan, CFD terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga. Di lokasi juga akan dipastikan tidak ada kegiatan partisipan dan Pedagang Kaki Lima (PKL). Baca juga: CFD Jaktim Digelar Minggu Pagi, Ini Jalur Alternatif Pengguna Jalan

"Selain itu, para pengunjung diwajibkan untuk scan QR Code PeduliLindungi atau menunjukkan minimal Sertifikat Vaksin kedua," kata Syafrin di Jakarta, Jumat 20 Mei 2022.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1897 seconds (11.210#12.26)