Profil Irjen Slamet Uliandi, Kepala Divisi TIK Polri yang Pernah Tangani Kasus Abu Janda

Minggu, 22 Mei 2022 - 05:00 WIB
loading...
Profil Irjen Slamet Uliandi, Kepala Divisi TIK Polri yang Pernah Tangani Kasus Abu Janda
Kadiv TIK Mabes Polri Irjen Slamet Uliandi. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Nama Slamet Uliandi di kepolisian sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia, berbagai prestasi gemilang ditorehkan perwira tinggi bintang dua yang menjabat Kepala Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kadiv TIK) Mabes Polri.

Berbagai kasus diselesaikan Irjen Slamet Uliandi mulai dari sejumlah kasus yang mendapat perhatian luas dari masyarakat. Seperti kasus yang menimpa pegiat media sosial Permadi Arya (Abu Janda) hingga menangani kasus Sugi Nur Raharja (Gus Nur). Baca juga: Kisah Jenderal Hoegeng Usir Intel di Warung Rokok

Sebelum menjabat Kadiv TIK Mabes Polri, Slamet terlebih dahulu menjabat Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. Waktu itu kasus yang menimpa Abu Janda merupakan kasus ujaran kebencian terhadap Natalius Pigai dan kasus 'Islam Arogan'.

Pria yang akrab disapa Kapten Jack ini menangkap dan menetapkan Sugi Nur Raharja atau akrab disapa Gus Nur sebagai tersangka kasus dugaan penyebaran ujaran kebencian melalui media sosial. Gus Nur pun ditangkap Malang, Jawa Timur, beberapa tahun silam. Baca juga: Kisah Mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Pernah Ditempeleng Perwira Jepang

Gus Nur dilaporkan ke Bareskrim Polri karena diduga telah menghina organisasi Nahdlatul Ulama (NU), melalui sebuah pernyataannya di acara dialog salah satu channel YouTube.

Alhasil,Gus Nur ditangkap karena diduga menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA dan penghinaan. Pernyataan Gus Nur tersebut diunggah dalam sebuah akun Youtube pada 16 Oktober 2020.

Kemudian, Ketua Pengurus NU Cabang Cirebon Azis Hakim melaporkan Gus Nur ke Bareskrim Polri yang terdaftar dengan nomor laporan LP/B/0596/X/2020/Bareskrim tertanggal 21 Oktober 2020. Selain itu, Aliansi Santri Jember juga melaporkan Gus Nur ke Polres Jember, Senin (19/10/2020).

Adapun biodata Irjen Slamet Uliandi

Lahir 15 Juli 1971
Lulusan Akpol 1994 ini berpengalaman dalam bidang Reserse.

Pamen Pusdik Reskrim Lemdiklat Polri
Ps. Kabagmon Robinopsnal Bareskrim Polri (2011)
Kabagmon Robinopsnal Bareskrim Polri
Karobinopsnal Bareskrim Polri(2019)
Dirtipid Siber Bareskrim Polri (2020)
Kadiv TIK Polri (2021)
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1005 seconds (10.55#12.26)