Disebut Langgar Privasi karena Foto Member NCT Dream, Ini Penjelasan Imigrasi Bandara Soetta

Jum'at, 20 Mei 2022 - 16:27 WIB
loading...
Disebut Langgar Privasi karena Foto Member NCT Dream, Ini Penjelasan Imigrasi Bandara Soetta
Netizen dengan akun @zpcjls mempersoalkan beredarnya foto salah satu member group K-Pop, NCT Dream yang sedang melakukan pemeriksaan keimigrasian. Foto/Tangkapan Layar/Twitter @zpcjls
A A A
TANGERANG - Cuitan salah satu netizen di Twitter yang mempertanyakan etika petugas imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) viral di media sosial. Netizen dengan akun @zpcjls mempersoalkan beredarnya foto salah satu member group K-Pop, NCT Dream yang sedang melakukan pemeriksaan keimigrasian.

“Hallo @CGK_AP2 @contactap2 apakah SOP bandara mengizinkan dan memperbolehkan staffnya mengambil foto penumpang tanpa seijin yang bersangkutan? Ini tuh di bagian immigration kan ya? Kok bisa? Kok boleh? Ini melanggar privacy loh?,” tulis akun @zpcjls dikutip MNC Portal, Jumat (19/5/2022).

Menanggapi kejadian ini, Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soetta, Muhammad Tito Andrianto memastikan foto member group K-Pop yang dimaksud bukan diambil dari petugas imigrasi.

“Dipastikan bukan dari petugas imigrasi (yang mengambil foto). Kan kalau disistem itu hanya mukanya saja, kalau yang beredar itu fotonya kan lebar,” kata Tito saat dihubungi, Jumat (20/5/2022).

Tito menjelaskan, setibanya di Bandara Soetta, para member NCT Dream langsung diarahkan ke ruangan VIP Lounge. Baca: Potret Kedatangan NCT Dream di Indonesia, Ramai Disambut NCTzen

“Di sana petugas imigrasi yang sudah standby melakukan pemeriksaan keimigrasian, pengambilan biometric, sidik jari, dan foto. Fotonya pun by system. Cuma mukanya saja,” jelasnya.

Selanjutnya, pemeriksaan para member NCT Dream dilakukan di luar dari lokasi pemeriksaan imigrasi biasanya. Karena pemeriksaan member NTC Dream dilakukan di Lounge G20 atau Lounge VIP.

"Ini kesepakatan bersama dari para stakeholder Bandara Soetta. Pemeriksaan tetap di bandara, tapi bukan di area imigrasi. Dikhawatirkan kalau di area imigrasi kalau dia keluar dari pintu umum, dikhawatirkan nanti fannya banyak,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, grup K-Pop NCT Dream menyambangi Indonesia karena sebagai bintang tamu dari sebuah festival yang digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, hari ini. NCT Dream tiba di Indonesia pada Kamis (19/5/2022) kemarin.

(hab)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3151 seconds (10.55#12.26)