Sejarah! Anies Lepas Ekspor Perdana 19 Ton Beras Jakarta ke Arab Saudi

Jum'at, 20 Mei 2022 - 14:04 WIB
loading...
Sejarah! Anies Lepas Ekspor Perdana 19 Ton Beras Jakarta ke Arab Saudi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas kontainer ekspor yang mengangkut 19 ton produk beras FS Yasamin ke Riyadh, Arab Saudi, Jumat (20/5/2022). Foto: PPID DKI Jakarta
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas kontainer ekspor yang mengangkut 19 ton produk beras FS Yasamin ke Riyadh, Arab Saudi. Kegiatan ini terkait kerja sama perdagangan komoditas ekspor antara PT Food Station dengan PT AL Raqeeb Universal Group.

Pelepasan beras ekspor itu berlangsung di Gudang PT Food Station Tjipinang Jaya, Komplek Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (20/5/2022). Anies berharap peristiwa bersejarah itu dapat mendorong peningkatan kesejahteraan domestik ke depan.



"Ini adalah peristiwa bersejarah, karena untuk pertama kalinya kita mengekspor beras ke Saudi Arabia. Tuntutan kualitas yang tinggi mengharuskan kerja keras, persiapan yang panjang. Insya Allah ini akan diikuti dengan lebih banyak lagi ekspor dari kita untuk berbagai belahan dunia," ujar Anies dalam siaran pers dikutip dari PPID DKI Jakarta.

"Indonesia adalah salah satu tempat di mana produksi hasil pangan luar biasa melimpah. Kita harus kelola dengan baik, sehingga ini menjadi berkah, sehingga memberikan manfaat domestik dan bisa meningkatkan kesejahteraan domestik dengan memanfaatkan pasar internasional," tambahnya.

Sejarah! Anies Lepas Ekspor Perdana 19 Ton Beras Jakarta ke Arab Saudi


Pemprov DKI Jakarta berbangga hati dapat melepas ekspor perdana beras FS Yasamin ke Riyadh, Arab Saudi. Karena selain memenuhi kebutuhan beras warga Jakarta dan sekitarnya, Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya dapat merealisasikan ekspor beras long grain dengan varietas IR-64 Ciherang untuk memenuhi permintaan Negara Arab Saudi. Budi daya beras tersebut ditanam di Indramayu, Jawa Barat dan dilakukan panen pada awal tahun 2022.

"Pelepasan ekspor beras FS Yasamin sebanyak 1 kontainer 20 feet ke Riyadh Arab Saudi hari ini adalah penanda bahwa produk FS Yasamin dapat diterima dan diserap di pasar Internasional khususnya Arab Saudi," ucap Anies.



Anies menyampaikan, Jakarta tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk bisa memanen padi, namun menariknya Jakarta dapat memasok kebutuhan beras bagi warganya, mendistribusikan beras ke luar negeri, bahkan PT Food Station Tjipinang Jaya yang merupakan BUMD milik Pemprov DKI Jakarta menjadi pusat perdagangan beras terbesar di Asia Tenggara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)