Asal Usul Nama Jakarta International Stadium, Dulunya Bernama BMW

Sabtu, 14 Mei 2022 - 16:14 WIB
loading...
Asal Usul Nama Jakarta International Stadium, Dulunya Bernama BMW
Warga Jakarta kini punya kebanggaan baru bernama Jakarta International Stadium (JIS) yang berlokasi di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Warga Jakarta kini punya kebanggaan baru bernama Jakarta International Stadium (JIS) yang berlokasi di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Namun penamaan stadion berkelas internasional ini belakangan menuai pro kontra lantaran menggunakan bahasa asing. Lantas bagaimana asal usul nama Jakarta International Stadium?

Baca juga: Polemik Nama JIS: Mau Nginggris atau Ngindonesia?

Stadion JIS resmi mulai dibangun setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kick off (tendangan perdana) sebagai penanda dimulainya pembangunan Jakarta International Stadium pada Rabu 14 Maret 2019. Anies tetap memilih menamakan stadion kebanggaan masyarakat Jakarta ini dengan sebutan Jakarta International Stadium dari banyak usulan nama.

Anies sengaja memilih nama Jakarta International Stadium untuk mengasosiasikan stadion bertaraf internasional itu dengan Jakarta. Sebab selama ini belum ada stadion sepakbola yang mencantumkan nama Jakarta. Anies ingin Stadion JIS menjadi ikon baru Jakarta.

"Kita ingin mengirimkan pesan bahwa Jakarta menjadi brand untuk stadion ini. Stadion ini diasosiasikan dengan Jakarta, diasosiasikan dengan internasional. Sehingga ketika kita melihat tampilan bangunan, tampilan langsung terasosiasi dengan nama Jakarta," kata Anies dalam laman YouTube pribadinya, Senin (28/3/2022).

Baca juga: Anies Baswedan Sebut JIS Jadi Bangunan Lintas Waktu dan Ramah Lingkungan

Nama Jakarta itulah yang tetap dipertahankan untuk berada di dalam penamaan stadion ini. Karena memang Anies ingin menonjolkan bahwa JIS salah satu ikon Jakarta. Apalagi Stadion JIS tidak dibangun hanya untuk sepak bola saja, melainkan multievent, mulai dari kegiatan budaya, kegiatan keagamaan, kegiatan sosial, kegiatan komersial, kesenian, dan lain-lain.



Stadion JIS digadang-gadang menjadi pengganti Stadion Lebak Bulus di Jakarta Selatan. Dimana sejak tahun 2009 Stadion Lebak Bulus kawasannya digunakan untuk menjadi depo MRT.

Stadion Jakarta International Stadium dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi. Kawasan Stadion JIS dikembangkan mengedepankan kemudahan akses dengan moda transportasi umum berbasis rel, seperti MRT, KRL, maupun LRT.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1857 seconds (11.210#12.26)