Asal Usul Nama Jakarta International Stadium, Dulunya Bernama BMW

Sabtu, 14 Mei 2022 - 16:14 WIB
loading...
A A A


Jakarta International Stadium sejatinya sebelumnya bernama Bersih Manusia Wibawa (BMW). Beberapa Gubernur DKI Jakarta juga sebelumnya sudah mulai menggarap proyek besar ini. Proyek ini bermula pada 2008 saat Jakarta dipimpin Gubernur Fauzi Bowo.

Lahan lokasi Stadion JIS dulunya merupakan kawasan Taman BMW dengan luas total 66,6 hektare. Kawasan itu merupakan aset Pemprov DKI Jakarta, namun sempat terjadi sengketa.

Pemprov DKI kemudian menertibkan bangunan-bangunan liar di kawasan tersebut pada 24 Agustus 2008. Sebab Pemprov DKI berencana membangun stadion bertaraf internasional di Taman BMW itu.

Saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta, ia kembali menggagas stadion sepakbola berskala internasional itu. Alasannya, Jakarta tidak punya lagi stadion olahraga setelah GOR Lebak Bulus berubah menjadi Depo MRT.

Pada 28 Mei 2014, Jokowi sempat melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek Jakarta International Stadion. Namun saat itu terjadi sengketa dengan PT Buana Permata Hijau (BPH). Namun setelah masuk pengadilan, Pemprov DKI akhirnya memenangkan lahan BMW.

Setelah lama tertunda, Gubernur DKI Anies Baswedan akhirnya merealisasikan pembangunan Stadion JIS, dimana mulai dibangun pada 14 Maret 2019. Stadion ini bisa menampung kurang lebih 82.000 penonton, memiliki 3 tingkatan tribun. Selain itu terdapat tribun VIP, dan tribun untuk disabilitas.

Stadion JIS dilengkapi dengan 2 lapangan latihan. Lapangan latih ini sudah memenuhi standar Internasional. Lapangan latihan JIS dilengkapi dengan 2 ruangan serbaguna, 4 ruang ganti pemain, 1 toilet laki-laki, 1 toilet perempuan, 4 buah wastafel, serta dilengkapi dengan tribun penonton. Lapangan latih sudah bisa disewakan dan bisa dipesan oleh umum.
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)