Wow! Kebutuhan Listrik Balapan Formula E Capai 7 Juta Volt Ampere

Kamis, 12 Mei 2022 - 19:34 WIB
loading...
Wow! Kebutuhan Listrik Balapan Formula E Capai 7 Juta Volt Ampere
Balapan Formula E di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, 4 Juni 2022 membutuhkan pasokan listrik sekitar 7 juta Volt Ampere. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Balapan Formula E di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, 4 Juni 2022 membutuhkan pasokan listrik yang cukup besar.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan mengatakan, balapan mobil listrik tersebut membutuhkan daya listrik 7 juta Volt Ampere. “Kebutuhannya sekitar 7 Mega Volt Ampere (MVA) atau 7 juta Volt Ampere,” ujarnya, Kamis (12/5/2022).
Baca juga: Harga Tiket Formula E Jakarta Mulai Rp350 Ribu hingga Jutaan

Untuk mencukupi kebutuhan listrik selama ajang berlangsung, PLN telah membangun gardu listrik distribusi ditambah gardu berjalan serta saluran kabel tegangan menengah di lokasi.

“Insyaallah tanggal 25 Mei 2022 seluruhnya akan beroperasi 100 persen siap digunakan pada event Formula E yang ditarik dari jaringan SKTM sepanjang hampir 7 km dengan gardu distribusi khusus yang dipasok dari tiga gardu induk termasuk gardu bergerak," ungkapnya.


Terkait penggunaan listrik Formula E, menurut dia, pasokan yang disiapkan menggunakan listrik hijau yakni bebas polusi, bebas polusi suara, dan yang terpenting pelayanan tanpa kedip.

Selama balapan Formula E, pasokan listrik bagi masyarakat di Jakarta tidak akan terganggu. Hal ini terlihat dari beban tertinggi yang pernah dicapai untuk wilayah DKI Jakarta sebesar 5.300 Mega Watt.

“Cadangan kita atau total kemampuan pasok sekitar 8.000 Mega Watt, jadi masih ada 2.700 Mega Watt yang bisa digunakan. Jadi, aman sekali dari sisi pasokan, tidak ada masalah,” ucap Doddy.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)