CFD di Masa PSBB Transisi, Bundaran HI Dipadati Pesepeda

Minggu, 21 Juni 2020 - 09:15 WIB
loading...
CFD di Masa PSBB Transisi, Bundaran HI Dipadati Pesepeda
Masyarakat berolahraga sepeda memadati kawasan CFD di Bundaran HI, Jakarta. Foto: Komaruddin Bagja Arjawinangun/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) perdana di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi dipadati warga. ( )

Berdasarkan pantauan SINDOnews, Minggu (21/6/2020) dari perbatasan Jakarta dengan Kota Bekasi para warga yang bersepeda terus menuju ke pusat Ibu Kota. Sampai di Bundaran HI dan Monas, pengendara sepeda yang nampak berkerumun itu minim menggunakan masker. Sepeda yang digunakan di CFD antara lain sepeda lipat, sepeda gunung dan sepeda ontel.

Selain itu, warga masih membawa anak-anak di bawah umur, lanjut usia (lansia) dan ibu hamil. Padahal, petugas sudah memperingatkan dengan pengeras suara.

"Bagi para warga diimbau untuk tidak berkerumun, menggunakan masker dan tidak membawa anak-anak, lansia dan ibu hamil," ujar petugas dengan pengeras suara dari Pospol Bundaran HI. ( )

Petugas kepolisian dari Polsek Menteng, Polres Metro Jakarta Pusat dan Ditlantas Polda Metro Jaya turun membantu Satpol PP dan Dishub DKI mengatur warga. (Baca juga: Dishub dan Polisi Halau Ibu dan Anak Masuk Area Car Free Day)

Sekadar diketahui, CFD perdana di masa PSBB Transisi ini pejalan kaki, lari dan pesepeda dipisahkan. Adapun rincian pemisahan lajur tesebut sebagai berikut:

1. Bagi pesepeda disiapkan 3 lajur paling kanan, olahraga lari disiapkan 1 lajur paling kiri, dan trotoar bagi pejalan kaki.
2. Pada segmen jalan dimana hanya terdapat 3 lajur, maka 2 lajur digunakan untuk jalur pesepeda, 1 lajur untuk olahraga lari, dan pejalan kaki diarahkan untuk menggunakan trotoar.
3. Pada segmen jalan di simpang Flyover Karet, 2 lajur sebelah kanan digunakan untuk pesepeda dan 1 lajur paling kiri untuk olahraga lari, dan pejalan kaki diarahkan untuk menggunakan trotoar.
4. Pada segmen Simpang Susun Semanggi, 2 lajur sebelah kanan disiapkan untuk pesepeda, bagi olahraga lari, dan pejalan kaki diarahkan melalui kolong Simpang Susun Semanggi.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)