Kemenhub Buka Angkutan Motor Gratis untuk Pemudik saat Arus Balik via Kereta Api

Rabu, 27 April 2022 - 14:38 WIB
loading...
Kemenhub Buka Angkutan Motor Gratis untuk Pemudik saat Arus Balik via Kereta Api
Kemenhub membuka program angkutan motor gratis di Stasiun Jakarta Gudang, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.Foto/Yohannes Tobing/MPI
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka program angkutan motor gratis (Motis) di Stasiun Jakarta Gudang, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Bagi para pemudik yang terlanjur membawa sepeda moto ke kampung halaman, dapat memanfaatkan program ini untuk arus balik.

Direktur Jenderal Perkeretapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, program motis ini adalah upaya Kemenhub dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya bagi para pemudik. Oleh karenanya program Motis yang dibuat bisa dimanfaatkan masyarakat sebaik mungkin, untuk menciptakan rasa aman dan mengurangi tingkat kecelakaan.

"Kita telah menyiapkan ribuan kuota untuk arus balik program motis ini berlangsung. Masyarakat bisa segera mendaftar secepat mungkin untuk menghindari kehabisan kuota," kata Zulfikri pada Rabu (27/4/2022). Baca: Tinjau Stasiun Pasar Senen, Ini Pesan Menhub ke Pemudik

Menurut Zufikri, untuk arus balik masih tersedia sekitar 4.000 kuota. Bagi masyarakat dipersilakan mendaftar di stasiun tempat tujuan maupun secara online. Program ini bisa dimanfaatkan pemudik pada saat arus balik, sehingga dapat menghemat waktu serta menghemat biaya.

"Yang sudah terlanjur menggunakan sepeda motor, kami sarankan untuk balik nanti daftar. Karena sudah berjalan jauh, kami sarankan ikut program motis ini,” ujarnya.

Adapun dalam program motis ini, lanjut dia, pihaknya menyiapkan dua jalur, yakni lintas selatan dan lintas utara. Tiap harinya akan diberangkatkan puluhan unit sepeda motor.“Untuk hari ini ada dua keberangkatan dari jalur utara sebanyak 60 unit. Nanti malam akan diberangkatkan dari jalur selatan sebanyak 80 unit motor,” ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)