Belum Dipastikan Buka 20 Juni, Pengelola Monas: Tunggu Instruksi Pimpinan

Jum'at, 19 Juni 2020 - 22:02 WIB
loading...
Belum Dipastikan Buka 20 Juni, Pengelola Monas: Tunggu Instruksi Pimpinan
Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Meski sejumlah tempat rekreasi di Ibu Kota Jakarta sudah mulai buka pada Sabtu 20 Juni 2020 pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Namun, Monumen Nasional (Monas) yang menjadi ikon Ibu Kota Jakarta belum bisa dipastikan akan buka.
"Kalau sesuai SK Kadis Parekraf tanggal 20 (Juni) mas, tetapi berkenaan dengan kondisi lapangan, kita juga masih menunggu instruksi pimpinan, untuk bukanya Monas," kata Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monumen Nasional (Monas) Isa Sanuri kepada wartawan, Jumat (19/6/2020).

Meskipun begitu, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan seperti protokol kesehatan Covid-19. Bagi pengunjung yang akan masuk ke Monas akan dicek suhu tubuhnya dan harus pakai masker. ( )"Kita sudah siap alur untuk pengunjung di kawasan dan tugu, kita siapkan pemeriksaan suhu, alur antrean dan cuci tangan di pintu masuk, untuk batasan jumlah pengunjung dibatasi maksimal 50 persen, untuk anak di bawah 5 tahun, bumil (ibu hamil) belum diperbolehkan," tambahnya.

Selain itu, Isa menambahkan, pihaknya dibantu Dinas Gulkarmat juga melakukan penyemprotan disinfektan untuk sterilisasi dan mencegah penyebaran Covid-19.

"Kalau persiapan kami buat skenario masuknya pintu barat daya Indosat, dari lenggang juga tetap tapi satu arah, termasuk dari Pertamina juga kami buka untuk masuk, tapi keluarnya kami buat satu arah, dari arah Gambir dengan pintu barat laut dekat istana, nah nanti orang berputarnya berlawanan dengan arah jarum jam, karena orang sering berolahraga di Monas itu berlawanan arah jarum jam, jadi kami pakai arah itu, jadi gak ada yang bertabrakan," tuturnya.

Sementara itu jam operasional, pengelola menetapkan pukul 06.00-17.00 dibuka untuk kawasan Monas. Bagi pengunjung yang hendak ke Monumennya, diberi waktu dari pukul 08.00-17.00

"Kami imbau dulu, kami akan sampaikan dan sebelum jam lima juga akan kami imbau, Kalau di dalam kawasan hari biasa itu 10.000- 20.000 pengunjung itu hari biasa, sekarang 5.000 orang," tuturnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5208 seconds (0.1#10.140)