Polda Metro Khawatirkan Air Bah Arus Balik Lebaran via GT Halim

Selasa, 26 April 2022 - 09:39 WIB
loading...
Polda Metro Khawatirkan Air Bah Arus Balik Lebaran via GT Halim
Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya telah menyiapkan skenario antisipasi kepadatan lalu lintas yang masuk Jakarta saat arus balik Lebaran di Gerbang Tol (GT) Halim. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya telah menyiapkan skenario antisipasi kepadatan lalu lintas yang masuk Jakarta saat arus balik Lebaran. Antisipasi dilakukan dari arah Timur menuju Jakarta di Gerbang Tol (GT) Halim seusai liburan Idul Fitri 1443 Hijriah.



"Kita khawatirkan GT Halim, dengan hanya 13 gardu tidak akan mampu menampung jumlah kendaraan yang bagaikan air bah akan masuk ke Jakarta," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Selasa (26/4/2022).

Kekhawatiran Sambodo itu terkait skenario pemberlakuan satu arah (one way) dari Kalikangkung hingga KM 3.500 Halim yang dilaksanakan pada 7-8 Mei 2022 seusai liburan Lebaran.



Guna mengantisipasi itu, Sambodo mengatakan ada beberapa pintu keluar Tol Jakarta arah Cikampek dapat dibuka untuk akses keluar kendaraan dari Timur menuju Jakarta, sehingga diperkirakan dapat mengurangi kepadatan di GT Halim.

"Ini bicara masuk Jakarta ya, orang bisa ke luar Cibatu, bisa ke luar Tambun, bisa ke luar Bekasi Timur, Bekasi Barat, Jatiwaringin, baru habis itu ke luar Halim. Dipecah-pecah supaya tidak semua kena di Halim," katanya.

Terkait hal itu, Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan empat skenario sebagai berikut:

1. Mengupayakan agar kendaraan di lajur kanan, yang pada kondisi normal digunakan untuk rute Jakarta menuju Cikampek, bisa digunakan untuk kendaraan yang keluar tol dari timur menuju Jakarta. Skenario tersebut diharapkan bisa mengurangi antrean kendaraan arus balik di GT Halim.

"Kalau lajur kiri memang sudah pasti bisa ke luar kan ke Bekasi Barat. Kalau yang kanan, dia tidak harus ke kiri dulu untuk bisa ke luar, dia bisa ke luar ngambil di jalur yang tadinya buat masuk sekarang dipakai buat ke luar karena kan ditutup di ujung. Kan satu arah semua, jadi yang mau ke arah Cikampek kan pasti ditutup," ucap Sambodo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2615 seconds (0.1#10.140)