Demo 21 April, 12 Akun WhatsApp Mahasiswa AMI dan UI Diretas

Kamis, 21 April 2022 - 11:26 WIB
loading...
Demo 21 April, 12 Akun WhatsApp Mahasiswa AMI dan UI Diretas
12 akun WhatsApp mahasiswa AMI dan UI diretas menjelang demo 21 April. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak dua belas akun WhatsApp milik mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) yang akan melakukan aksi demonstrasi 21 April 2022 mengalami peretasan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Informasi terkait dugaan peretasan akun WhatsApp sejumlah mahasiswa itu pun dibenarkan oleh salah satu organisasi yang tergabung dalam AMI, yakni Blok Politik Pelajar (BPP).

”Iya benar, sejumlah akun milik anggota BPP dan rekan AMI lain mengalami peretasan,” kata Juru Bicara BPP, Delpedro Marhaen, Kamis (21/4/2022). Baca juga: Demo 21 April, Ratusan Mahasiswa UI Bergerak Menuju Istana Negara

Delpedro mengatakan, saat ini akun WhatsApp milik salah satu anggota BPP telah kembali dapat dikendalikan. Namun, terkait dengan yang lainnya, dia menyebut belum mendapatkan informasi lebih lanjut.

”Untuk Iqbal akunnya sudah kembali bisa diakses, tapi untuk dua anggota BPP dan yang lainnya belum diketahui. Nanti diinfokan kembali perkembangannya,” ujar mahasiswa yang pernah menjadi lawan debat Ade Armando itu. Baca juga: Cegah Pelajar Tangerang Ikut Demo 21 April, Polisi Patroli ke Sekolah

Sementara Mantan Ketua Serikat Mahasiswa Progresif Universitas Indonesia (Semar UI), Rifaldi Apinino menambahkan, bahwa peretasan akun juga menimpa akun WhatsApp milik Ketua Semar UI saat ini.”Kalau gak salah ada 12 akun yang diretas, salah satunya akun milik Ketua Semar UI, Fawwaz,” paparnya.

Dia mengatakan terkait dengan peretasan akun, alih-alih membuat takut pada kenyatannya hal itu hanya membuat mahasiswa muak dan bosan. ”Karena memang sudah sering terjadi. Ya itu sih, karena polanya selalu berulang jadi dianggap biasa saja,” ungkapnya.

Terdapat sebanyak dua belas akun WhatsApp milik mahasiswa anggota AMI yang diduga mengalami peretasan.Adapun kedua belas mahasiswa tersebut, antara lain:

1. M. Yusuf (Koordinator Wilayah BEM SI BSJB/Wapresma Universitas Esa Unggul).
2. Tasya (Mensospol BEM UPNVJ).
3. Naufal (Koordinator Media BEM SI).
4. Iqbal (Blok Politik Pelajar).
5. Andi (Blok Politik Pelajar).
6. Daffa (Blok Politik Pelajar).
7. Fauzan (Presma Universitas Trisakti).
8. Fawwaz (Ketua Semar UI).
9. Naufal F (Serasi Universitas Pertamina)
10. Jaffar S (Serasi Universitas Pertamina).
11. Daniel (Presma ITL).
12. Hadi (Menteri Luar Negeri Kepresidenan Mahasiswa Universitas Trisakti).

Sebelumnya diberitakan, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan AMI bakal menggelar aksi demonstrasi di sejumlah titik di Jakarta dengan estimasi massa sekitar 2.000 orang dan membawa 7 tuntutan.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2303 seconds (11.97#12.26)