KAI Pastikan 329 Sarana Kereta Siap Angkut Pemudik Lebaran 2022

Selasa, 19 April 2022 - 15:49 WIB
loading...
KAI Pastikan 329 Sarana Kereta Siap Angkut Pemudik Lebaran 2022
PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyiapkan 329 unit sarana yang terdiri dari 45 unit lokomotif dan 284 unit kereta penumpang serta bagasi. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia ( KAI ) Daop satu Jakarta telah menyiapkan 329 unit sarana yang terdiri dari 45 unit lokomotif dan 284 unit kereta penumpang serta bagasi. Kesiapan itu masuk ke dalam sarana Angkutan Lebaran 2022 .

Kepala Humas PT KAI Eva Chairunisa mengatakan, seluruh sarana lokomotif dan kereta tersebut telah melewati berbagai tahapan perawatan serta pemeriksaan khusus jelang angkutan Lebaran.

"Untuk perawatan sarana lokomotif dan kereta di Daop satu Jakarta, memiliki tifa Dipo lokomotif, tiga Dipo Kereta, dan gerbong serta Balai Yasa Manggarai untuk perawatan besar," ujar Eva kepada wartawan, Selasa (19/4/2022).

Selain melakukan pemeriksaan khusus, kata dia, proses perawatan rutin juga telah diprogramkan untuk seluruh sarana lokomotif. Kereta yang dilakukan secara berkala yakni perawatan harian, tiga bulan, enam bulan, dan satu tahunan.



"Pada proses perawatan sejumlah pengecekan juga dilakukan, di antaranya pemeriksaan motor diesel, kelistrikan, sistem pengereman, dan sembilan item yang wajib berfungsi saat lokomotif berjalan seperti lampu sorot, suling lokomotif, wiper, lampu kabin, radio lokomotif, deadman pedal, GPS, speedometer, dan pengereman," tuturnya.

Eva menambahkan,seluruh sarana di Daop satu Jakarta, telah melalui proses pemeriksaan kelaikan kesiapan operasi atau ram check sarana perkeretaapian Angkutan Lebaran. Hal ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub.

"PT KAI Daop satu Jakarta berkomitmen untuk mengutamakan keselamatan, kenyamanan, keamanan, dan kelancaran operasional perjalanan Kereta Api," kata Eva.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)