Viral! Aksi Beli Takjil Petugas dari Flyover Tol Wiyoto Wiyono dengan Kode Mancing Mas

Sabtu, 16 April 2022 - 16:19 WIB
loading...
Viral! Aksi Beli Takjil Petugas dari Flyover Tol Wiyoto Wiyono dengan Kode Mancing Mas
Viral di media sosial memperlihatkan petugas Gerbang Tol Pisangan, Jatinegara, Jakarta Timur membeli takjil dari atas Flyover Tol Wiyoto Wiyono. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Viral di media sosial memperlihatkan petugas Gerbang Tol Pisangan, Jatinegara, Jakarta Timur membeli takjil dari atas Flyover Tol Wiyoto Wiyono . Menariknya dalam video 19 detik itu, si petugas membeli takjil dengan menggunakan tali tambang yang dibentangkan layaknya katrol dari flyover menuju pedagang takjil di Jalan DI Panjaitan, Jatinegara.

Melalui tali tambang yang dibentangkan tersebut, terdapat kantung tas belanja yang digantungkan guna dijadikan tempat penyimpanan uang beserta barang dagangan. Kantung tas belanja itu nantinya ditarik dari atas Flyover Tol Wiyoto Wiyono dengan berisikan barang atau makanan yang dipesan untuk selanjutnya diterima petugas tol.
Baca juga: 6 Takjil Buka Puasa Bercita Rasa Manis Khas Indonesia

Pedagang es kelapa, Saputra mengatakan dagangan takjilnya kerap dibeli petugas Gerbang Tol Pisangan dengan istilah “mancing”. Cara tersebut dilakukan dengan mengirimkan pesan melalui WhatsApp dan baru ngetren dilakukan awal Ramadhan tahun ini.

"Waktu itu pas mereka (petugas tol) mau berangkat kerja mereka mampir minta nomor handphone saya," kata Saputra, Sabtu (16/4/2022).

Selepas bertukar nomor ponsel, petugas Gerbang Tol Pisangan dan Saputra bersepakat melakukan pemesanan takjil via metode pembelian dengan kode “Mancing Mas”.

Kode ini diisyaratkan karena metode alur jual beli antara penyerahan uang dan barang dagangan dipancing dari atas Flyover Tol Wiyoto Wiyono. "Cara pancing untuk membeli takjil ini dilakukan mereka (petugas Gerbang Tol Pisangan) soalnya di area Tol Wiyoto Wiyono itu sulit ada pedagang yang melintas. Jadinya mereka kesulitan membeli takjil," tutur Saputra.

Selain mengatur jual beli dagangan es kelapanya, dia juga turut membantu apabila petugas gerbang tol menginginkan takjil yang lain seperti gorengan. Semuanya dipesan terlebih dulu dengan mengirimkan informasi via WA.
Baca juga: Tabrakan Beruntun di Tol Wiyoto Wiyono, Tol Pluit Macet Panjang

"Bapak-bapak penjaga pintu tol beli untuk buka puasa. Pesan es kelapa dan mereka juga minta tolong saya belikan gorengan. Sekitar 15 menit menjelang buka mereka WA dengan kata mancing mas," ujar Saputra.

Anehnya, metode pembelian ”Mancing Mas" tersebut menjadi viral dan menuai komentar warganet di media sosial. Padahal, cara tersebut untuk membantu kesulitan membeli takjil yang dialami petugas tol semata.

"Mungkin mereka bingung juga karena di atas jalan tol mau buka pakai apa. Akses turun enggak ada. Saya sendiri bingung mereka naik ke atas bagaimana. Apa ada antarjemput atau gimana," ucap Saputra dengan nada polos.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)