Arisan Online Bodong, Selebgram Bekasi Diduga Tipu Ratusan Warga

Sabtu, 16 April 2022 - 14:20 WIB
loading...
Arisan Online Bodong, Selebgram Bekasi Diduga Tipu Ratusan Warga
Selebgram Bekasi diduga tipu ratusan warga terkait arisan online. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
BEKASI - Ratusan orang yang mengikuti arisan online merasa ditipu oleh seorang selebgram asal Setu, Kabupaten Bekasi, berinisial IF sebagai pengelola arisan online. Alhasil, kasus ini menjadi viral di media sosial dan dilaporkan kepada pihak kepolisian.

Seorang korban menceritakan mengetahui arisan online tersebut melalui temannya sejak tahun 2021. Pada mulanya arisan online berjalan lancar, hingga kemudian terkendala pembayarannya pada Maret 2022.

”Semenjak dari tahun 2021, sebenarnya dari tahun 2021 itu arisannya juga lancar-lancar aja seperti arisan konvensional pada umumnya, cuma mulai muncul masalah itu ketika bulan Maret 2022,” kata DS saat dikonfirmasi, Jumat (15/4/2022). Baca juga: Ratusan Korban Tertipu Arisan Bodong, Kerugian Tembus Rp21 Miliar

IF menawarkan paket member dengan tiga opsi arisan. Pertama arisan komvensional, arisan open slot lunas (opslun) dan terakhir arisan handphone iPhone. Bahwa kategori open slot yang ditawarkan sangat menggiurkan.

Karena para member akan mendapatkan hasil dua kali lipat dari jumlah yang disetorkan. Ia pun mengakui pernah merasakan keuntungan arisan opslun meski dengan jumlah setoran yang kecil waktu itu.

”Pernah, itu kita juga pernah dapat sebelum Maret itu berjalan lancar benar-benar di transfer, benar-benar dua kali lipat. Awalnya saya main kecil. Benaran dapet, setor 50, dapatnya 100,” ungkapnya. Baca juga: Selebgram Bone Ditetapkan Tersangka Penipuan Kedok Arisan Online

Ia menduga bahwa arisan opslun yang menyebabkan setoran kepada member menjadi lambat. Oleh sebab itu, banyak member yang tak mendapatkan haknya meski dinyatakan menang. Sebab, yang ditawarkan ketika menyerahkan deposit 1 juta atau 500 ribu itu kembalinya 2 kali lipat.

”Akhirnya kan sistem itu sangat menggiurkan, tapi sistem tersebut juga ini sistem keuangan mana yang benar-benar bisa memberikan keuntungan 2 kali lipat,” terangnya

Kecurigaan para member muncul kala mereka mengetahui bahwa IF melaksanakan acara pre-wed dan liburan ke Bali hingga Bromo, meski saat ia menghadapi situasi mandeknya pembayaran. ”Nah bulan Maret lalu juga dia prewed sama tunangannya,” jelasnya.

Sementara itu, DS mengungkapkan setidaknya ada 150 member yang mengikuti arisan online dengan berbagai macam nilai transfer yang dikelola oleh selebgram asal Bekasi IF. ”Saya kebetulan yang menghimpun data member, ada 150-an member yang isi google form,” tegasnya. Baca juga: Terungkap! Arisan Bodong Pasutri Muda di Bandung Berkedok Bisnis Kecantikan
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1511 seconds (10.101#12.26)