Dilintasi Jutaan Pemudik, Ini Titik Rawan Macet di Tol Jakarta Cikampek

Sabtu, 16 April 2022 - 10:57 WIB
loading...
Dilintasi Jutaan Pemudik, Ini Titik Rawan Macet di Tol Jakarta Cikampek
Jasa Marga mengimbau pemudik yang akan melintasi Jalan Tol Jakarta Cikampek untuk menghindari beberapa titik rawan kemacetan. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
BEKASI - Jasa Marga mencatat ada empat titik rawan kepadatan selama arus mudik yang melintasi tol Jakarta-Cikampek. Oleh karena itu, masyarakat di imbau untuk menghindari lokasi titik pontensi kepadatan selama mudik lebaran 2022 mendatang.

General Manager Representative Office (RO) 1 JTTRD Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Muhammad Taufik Akbar mengatakan jika sleuruh tol berpotensi terjadinya kepadatan saat arus mudik lebaran. Namun berdasarkan catatannya ada lima yang rawan.

Dari empat itu diantaranya, pertemuan lalu lintas dari Jatiasih dan Rorotan (Cikunir), KM 48+000 pertemuan arus lalu lintas Japek Elevated dan Japek Eksisting, KM 50+600 pengurangan lajur lalu lintas dari 4 menjadi 3 lajur, KM 70+000 imbas dari antrean GT Cikampek Utama.

”Seperti di pertemuan KM 48 sampai dengan simpang susun 66. Ini rawan kepadatan. Kemudian juga di gerbang tol Cikampek Utama, dan untuk arus balik di simpang susun 66 sampai KM 48. Nah ini selain di Cikunir ya,” kata Taufik kepada SINDOnews di Bekasi, Sabtu (16/4/2022).



Selain itu, kata dia, mengantisipasi kepadatan yang terjadi, jika Jasa Marga telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian untuk antisipasi kepadatan kendaraan selama arus mudik lebaran.

Adapun langkah antisipasi kepadatan diantaranya memberlakukan kebijakan pembatasan kendaraan sumbu 3 ke atas, melakukan contra flow, menerapkan one way, menempatkan petugas di lokasi-lokasi rawan kepadatan dan kecelakaan, serta berkoordinasi dengan Kepolisian terkait.

“Untuk kebijakan one way diusulkan apabila kepadatan volume lalin atau beban ruas di Km 66 di atas 11 ribu sampai 12 ribu kendaraan per jam. Meski demikian kebijakan one way merupakan diskresi pihak kepolisian,” ungkapnya.

Selain itu untuk mengantisipasi beberapa titik kepadatanJalan Tol Jakarta-Cikampek dalam hal transaksi, Jasa Marga mengoptimalkan gardu operasi pada GT Cikampek Utama 1 yaitu sebanyak 7 Gardu dan GT Cikampek Utama 2 sebanyak 7 gardu, serta penambahan 6 gardu reversible.

Jasa Marga juga menyiapkan 8 gardu satelit untuk arah Cikampek dan 7 gardu ditambah 3 Obligue Approach Booth (OAB) untuk arah Jakarta. Dengan demikian, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)